PENGERTIAN ABDIKASI


  • Pengertian abdikasi itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan abdikasi ?
  • Apa itu abdikasi ? Apa arti kata abdikasi ?
  • Definisi abdikasi itu apa sih ?

Pengertian Abdikasi


Pengertian Abdikasi Menurut Para Ahli :

Anda mungkin sedang mencari arti kata ABDIKASI. Sepintas kata tersebut tidak asing dan murni berbahasa Indonesia, pada kenyataannya asal katanya berasal dari Bahasa Inggris yaitu abdication, dari kata dasarnya dico yaitu pengumuman pengunduran seseorang dari jabatan / tahtanya.

Pengunduran diri ini berarti melepaskan seluruh hak, wewenang, dan kekuasaan yang dimilikinya ketika masih menjabat. Istilah abdikasi lebih ditujukan kepada seseorang dengan jabatan paling tinggi seperti penguasa atau raja. Jika yang mengundurkan diri adalah seseorang dengan jabatan menengah seperti bupati atau gubernur maka tidak tepat menggunakan istilah ini. Biasanya hanya menggunkan kalimat “mundur dari jabatannya.”

Namun agar lebih gampang menafsirkannya, pengertian kata ABDIKASI ini dapat disamakan artinya dengan kata LENGSER,  yang lebih berkenaan dengan dunia politik.

Nah, tentu pembaca sudah tidak asing lagi dengan kata LENGSER tersebut, itulah kata yang bisa kita persamakan secara umum dengan kata ABDIKASI untuk memudahkan pengertiannya. Adapun kata lengser sendiri sering kita dengar saat jamannya orde baru (ORBA) di negara kita, yaitu saat Presiden kita masih dipimpin oleh Bp.Jendral Soeharto (Alm).

Kata abdikasi dikaitkan dimana ada seorang pejabat atau raja (penguasa) yang mengundurkan diri baik atas kemauannya sendiri alias sukarela.

Proses pengunduran diri yang dilakukan secara sukarela bisa terjadi karena mungkin penguasa atau pejabat tersebut merasa selama masa kepimpinannya tidak berhasil mencapai target yang sudah dicanangkannya. Atau bisa jadi pejabat atau penguasa tersebut melakukan suatu kesalahan yang dianggap fatal dan dikhawatirkan akan menjadi kekisruhan politik berkepanjangan apabila dia tetap mempertahankan posisi jabatan atau kewenangannya, sehingga terjadi proses abdikasi.

Seangkan arti kata abdikasi menurut KBBI lebih mengarah kepada melepaskan kekuasan atau kewenangan seorang penguasa atau raja.

Salah satu poin penting dari abdikasi adalah seseorang tersebut tidak dapat menyelesaikan kewajiban yang telah dibebankan kepadanya. Seperti mantan presiden Soeharto yang mengundurkan diri sebelum masa jabatannya berakhir sehingga tidak dapat menyelesaikan kewajibannya selama lima tahun yang telah dibebankan kepadanya. Biasanya hal ini terjadi ketika orang tersebut tersangkut masalah serius seperti kkn dan skandal pribadi.

Selain itu istilah ini juga dimaksudkan untuk pengunduran diri sebelum orang tersebut menyelesaikan masa jabatannya. Misalnya ketika mantan presiden Soeharto mengundurkan diri ketika belum menyelesaikan masa jabatan lima tahunnya. Jika seorang penguasa meletakkan jabatannya ketika masa jabatannya berakhir maka istilah abdikasi tidak tepat digunakan.

Dan untuk lebih mudah memahaminya kita akan memberikan contoh beberapa kalimat, sehingga akan diperoleh gambaran yang lebih pasti dan tepat.

Berikut beberapa contoh kalimat yang mengandung kata abdikasi adalah sebagai berikut :

  • Beberapa hari setelah proses abdikasi tersebut, pihak parlemen mengadakan sebuah sidang luar biasa untuk meninjau kembali sebuah perundangan pengalihan kepemimpinan untuk disepakati oleh partai politik lainnya. (dipetik oleh salah satu media resmi di Malaysia).
  • Budaya abdikasi di negara maju lainnya seperti Jepang sudah sering terjadi beberapa kurun waktu yang lalu dan tetap berlangsung hingga saat ini.
  • Pangeran  mencoba melakukan abdikasi agar Ratu bisa turun dari tahtanya

Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian abdikasi secara umum ya ! Baca juga pengertian cetek 🙂