PENGERTIAN ABRIS SOUS ROCHE DAN KJOKKENMODDINGER


  •  Apa yang dimaksud dengan abris sous roche dan kjokkenmoddinger ?
  • Apa perbedaan antara abris sous roche dan kjokkenmoddinger ?
  • Apa pengertian abris sous roche dalam sejarah ?

Pengertian Abris Sous Roche dan Kjokkenmoddinger


Pengertian abris sous roche dan kjokkenmoddinger Menurut Para Ahli :

Pengertian Abris Sous Roche adalah gua yang berbentuk ceruk-ceruk pada batu karang yang digunakan sebagai tempat tinggal oleh orang-orang yang hidup di zaman Mesolitikum.

Kebudayaan Abris Sous Roche di Indonesia diteliti olah seorang peneliti asing bernama Van Stein Callenfels pada tahun 1928-1931 di Gua Lawu yang terletak di daerah Sampung Ponorogo. Penemuan ini dikenal sebagai Sampung Bone Culture karena banyaknya temuan peralatan-peralatan yang terbuat dari tulang.

Penemuan ini kemudian melahirkan munculnya peneliti-peneliti lain yang melakukan penelitian di daerah yang berbeda di Indonesia dengan tujuan menemukan jejak Abris Sous Roche yang lainnya. Beberapa di antara mereka seperti:

  1. Van Heekeren.

Melakukan penelitian di daerah Besuki (Jawa Timur) dan menemukan kapak Sumatra dan kapak pendek di sana.

  1. Alfred Buhler.

Melakukan penelitian di daerah Timor dan Rote dan menemukan Flakes Culture dari Kalsedon bertangkai yang diduga sebagai peninggalan bangsa Papua Melanesoide.

Pengertian Kjokkenmoddinger adalah tumpukan-tumpukan sampah kerang dalam bentuk gunungan yang cukup besar dengan ketinggian sekitar 7 meter dan berasal dari zaman Mesolitikum yang ditemukan oleh Dr. P. V. van Stein Callenfels pada tahun 1925 sepanjang Pantai Timur Pulau Sumatra.

Penemuan ini kemudian melahirkan asumsi bahwa pada zaman tersebut kehidupan manusia sangat bergantung pada hasil tangkapan siput dan kerang. Selain Kjokkenmoddinger, dalam penelitiannya Van Stein juga menemukan banyak benda berupa: batu penggiling beserta pipisannya, kapak genggam dan juga pecahan-pecahan tengkorak dan gigi.


Nah semoga teman-teman bisa menjelaskan pengertian dari abris sous roche dan kjokkenmoddinger secara umum ya ! Baca juga pengertian caption dan contohnya 🙂