PENGERTIAN AGLUTINOGEN DAN AGLUTININ


  • Pengertian aglutinogen dan aglutinin itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan aglutinogen dan aglutinin ?
  • Apa itu apa itu aglutinogen dan aglutinin ?
  • Apa perbedaan aglutinogen dan aglutinin ?

Pengertian Aglutinogen dan Aglutinin


Pengertian Aglutinogen dan Aglutinin Menurut Para Ahli :

Pengertian aglutinoten adalah protein darah yang terdapat di dalam eritrosit dan memiliki fungsi sebagai antigen di dalam darah. Sedangkan Pengertian aglutinin adalah protein yang terkandung di dalam plasma darah, di mana protein ini dapat menyebabkan aglutinasi. Pengertian aglutinasi darah adalah proses menempel dan menggumpalnya darah sebagai sebuah bentuk antibodi.

Antibodi tersusun atas glikoprotein dengan struktur tertentu yang disekresi dari pencerap limfosit-B yang sudah teraktivasi menjadi sel plasma di dalam sel darah, sedangkan antigen merupakan sebuah zat yang digunakan untuk merangsang respon imun di dalam darah dan kemudian menghasilkan antibodi di dalam darah tersebut.

Pada umumnya, golongan darah manusia dikelompokkan menjadi 4 berdasarkan perbedaan antigen dan antibodi yang terdapat di dalam sel darah tersebut, yakni:

  • Golongan darah A

Golongan darah A adalah jenis golongan darah yang mengandung aglutinogen A di dalam eritrositnya dan mengandung aglutinin B di dalam plasma darahnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, golongan darah A bisa menerima transfusi darah dari golongan darah A dan O, dan hanya bisa memberikan transfusi darah kepada golongan darah A dan AB.

  • Golongan darah B

Golongan darah B adalah golongan darah yang mengandung aglutinogen di dalam eritrositnya dan mengandung aglutinin A di dalam plasma darahnya. Sehingga golongan darah B hanya bisa menerima transfusi darah dari golongan darah O dan B, dan hanya bisa memberikan transfusi darah kepada golongan darah B dan AB.

  • Golongan darah AB

Golongan darah AB mengandung aglutinogen A dan B di dalam eritrositnya dan tidak mengandung aglutinin di dalam plasma darahnya. Hal ini kemudian membuat golongan darah AB bisa menerima transfusi darah dari semua golongan darah, namun hanya bisa memberikan transfusi darah kepada golongan darah AB saja, sehingga golongan darah AB di sebut sebagai resipien universal.

  • Golongan darah O

Golongan darah O adalah golongan darah yang tidak mengandung aglutinogen di dalam eritrositnya, dan mengandung aglutinin A dan B di dalam plasma darahnya. Golongan darah O bisa memberi transfusi darah kepada semua golongan darah yang ada, namun hanya bisa menerima transfusi darah dari golongan darah O itu sendiri, sehingga golongan darah O disebut sebagai donor universal.


Itulan penjelasan mengenai pengertian aglutinogen dan aglutinin pada darah. Semoga kamu bisa memahami perbedaan antara aglutinogen dan aglutinin dalam darah ya ! Baca juga pengertian kalor uap dan kalor embun 🙂