PENGERTIAN AKSES


  • Pengertian akses internet itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan akses internet?
  • Apa itu akses ? Apa arti kata akses ?
  • Apa pengertian akses dan koneksi ?
  • Apa pengertian akses pelayanan kesehatan ?

Pengertian Akses


Pengertian Akses Menurut Para Ahli :

Teman-teman yang bekerja di suatu perusahaan pasti memiliki kartu tanda pengenal pegawai. Kartu ini sangat penting karena selain sebagai tanda pengenal juga sebagai alat untuk mengakses wilayah perusahaan secara legal sesuai dengan izin yang dimiliki. Jika kita pegawai bagian administrasi berarti kita dapat mengakses seluruh bagian administrasi, tetapi jangan coba-coba mengacak bagian produksi jika tidak ingin mendapatkan surat peringatan disiplin. Apa sih sebenarnya maksud mengakses itu?

Pengertian akses adalah kemampuan untuk mendapatkan manfaat dari sesuatu atau hak untuk memperoleh sesuatu kekuasaan (Ribot dan Peluso : 2003)

Definisi akses adalah hak untuk memasuki, memakai, dan memanfaatkan kawasan atau zona-zona tertentu (Schlager dan Ostrom : 1992)

Kata akses merupakan kosakata dalam bahasa Indonesia yang diserap dari bahasa Inggris yaitu access yang berarti jalan masuk. Akses berarti jalan atau izin masuk dari suatu tempat/wilayah baik yang dapat dilihat dengan mata ataupun tidak dimana kita dapat berhubungan dengan sumber daya yang ada di dalam wilayah tersebut sesuai dengan izin yang dimiliki. Misalnya jika kita pegawai kantor bupati bagian olahraga berarti kita memiliki izin dan dapat memasuki bangunan kantor bupati bagian olahraga serta dapat melakukan aktivitas di dalamnya sesuai dengan izin yang kita miliki.

Ada juga akses ke wilayah yang tidak dapat dilihat dengan mata seperti akses ke sebuah jaringan komputer. Jika kita memiliki akses ke sebuah jaringan komputer sebagai administrator berarti kita dapat terhubung dengan komputer-komputer lain dalam jaringan tersebut dan memiliki hak layaknya seorang administrator yang dapat mengatur komputer-komputer lain. Selain itu ada juga akses ke sebuah file komputer dimana kita dapat melakukan sesuatu dengan file tersebut sesuai dengan izin yang dimiliki, apakah file tersebut akan dibaca, diedit atupun dihapus.

Yang lebih dikenal sekarang ini adalah akses internet. Pengertian akses internet adalah jalan masuk untuk bisa terhubung ke internet. Syaratnya adalah menggunakan komputer ataupun handphone dengan perantara ISP (Internet Service Provider). Akses internet berbeda dengan koneksi internet dimana koneksi akan didapatkan setelah kita mendapatkan akses internet terlebih dahulu. Namun pada saat ini akses dan koneksi internet dianggap sama saja.

Akses ke suatu tempat/wilayah bisa didapatkan baik secara legal atupun ilegal yang keduanya mempunyai hasil akhir yang sama yaitu hak atau izin untuk memasuki wilayah tertentu. Contoh akses yang didapatkan secara legal seperti mahasiswa baru yang mendaftar di bagian administrasi agar dapat beraktivitas di kampus dan mendapatkan izin untuk menggunakan fasilitas kampus. Sementara contoh akses ilegal seperti seorang peretas yang mengambil data-data rahasia dari jaringan komputer tertentu dengan cara meretas jaringan tersebut.

Pengertian akses pelayanan kesehatan adalah akses terhadap fasilitas kesehatan seperti Puskesmas, rumah sakit, tenaga kesehatan dsb yang dapat dicapai oleh masyarakat. Akses pelayanan masyarakat yang baik adalah yang tidak terhalang oleh keadaan geografis seperti lama perjalanan, jarak, serta sosial maupun ekonomi. (Atriana Nara : 2014)


Itulah penjelasan singkat mengenai arti kosakata akses. Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian akses secara umum ya ! Baca juga pengertian akademis dan non akademis 🙂