PENGERTIAN AKUNTABEL


  • Pengertian akuntabel itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan akuntabel ?
  • Apa itu akuntabel / arti kata akuntabel ?
  • Apa pengertian akuntabel dan transparan ?

Pengertian Akuntabel


Pengertian Akuntabel Menurut Para Ahli :

Pengertian akuntabel adalah dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, serta tidak bertentangan dengan kedua hal tersebut, di mana pertanggung jawaban ini menyangkut sumber / inputnya, proses yang dilakukan dan juga hasil / output yang di dapatkan.

Sesuatu yang bersifat akuntabel selalu bisa dipertanyakan dan dipersalahkan serta ada konsekuensinya. Akuntabel erat kaitannya dengan transparansi. Transparan berarti aktivitas tersebut tidak boleh ada satupun yang ditutup-tutupi.

Penilaian akuntabel menyangkut berbagai macam hal yang terkait dengan pekerjaan yang berhubungan dengan kepentingan publik, baik itu yang bersifat skala kecil maupun yang berskala besar. Di mana di dalam pelaksanaan dan proses operasionalnya akan membutuhkan kerja sama di antara beberapa divisi / bagian-bagian tertentu yag akan saling berhubungan satu dengan yang lainnya dan dalam pelaksanaan inilah sebuah prosedur yang akuntabel akan sangat dibutuhkan sebagai wujud tanggung jawab kepada pihak-pihak yang membutuhkan berbagai informasi administrasi.

Pengertian akuntabel dalam penilaian berarti menilai apakah berbagai macam informasi atas gerak gerik dan aktivitas tertentu bisa dipertanggung jawabkan asal usulnya / tidak asal-asalan dalam menilai.

Dalam dunia kerja, pengertian akuntabel individual berarti seorang individu (karyawan) harus tunduk dan berkewajiban untuk melaporkan, menjelaskan, dan bertanggung jawab atas pekerjaannya kepada atasan.

Di dalam pelaksaannya, sebuah lembaga akan dikatakan akuntabel bila mereka memiliki etika yang dekat dan sesuai dengan ketentuan administrasi publik, yang mana harus tetap memenuhi berbagai konsep yang diterapkan, seperti: dapat dipertanggung jawabkan, dapat dipertanyakan, dapat dipersalahkan dan memiliki ketidakbebasan di dalam pelaksanaannya. Hal ini kemudian menjadi sebuah acuan bagi penyusunan berbagai macam laporan administrasi yang dibuat terkait dengan adanya aktifitas di dalam lembaga publik tersebut. Sebagaimana kita ketahui, setiap lembaga publik pasti akan memiliki berbagai macam kebijakan tersendiri di dalam pelaksanaan operasionalnya, namun hal tersebut tetap harus ada di dalam batasan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, sehingga lembaga tersebut dapat melakukan segala kegiatan administrasinya secara akuntabel.

Salah satu lembaga yang menuntut adanya sebuah administrasi yang akuntabel adalah lembaga pemerintahan, di mana segala sesuatu aktifitas yang terjadi di dalam lembaga tersebut akan menyangkut hajat hidup orang banyak, yang artinya semua kegiatan yang terjadi di dalam lembaga tersebut dilakukan dengan tujuan pemenuhan kebutuhan masyarakat luas.

Pengertian akuntabel dalam pemerintahan berarti bahwa pelaksanaan sistem pemerintahan dan lembaga-lembaganya sudah selayaknya bisa diukur dan dipertanggung jawabkan kepada rakyatnya, bukan hanya bertanggung jawab atas beberapa sekelompok penting misalnya partai politik saja.

Dengan alasan tersebut, maka seluruh lembaga pemerintahan diharapkan memenuhi kriteria akuntabel di dalam operasionalnya, hal ini akan membantu semua pihak dapat menilai dan melihat secara langsung hasil kinerja lembaga tersebut selama kurun waktu periode tertentu.


Nah semoga teman-teman bisa memahami contoh pengertian akuntabel secara umum ya ! Baca juga pengertian aglutinogen dan aglutinin 🙂