PENGERTIAN ALEURON PADA TUMBUHAN


  •  Apa yang dimaksud dengan aleuron ?
  • Apa itu butir aleuron ?
  • Apa arti aleuron / definisi aleuron ?

Pengertian Aleuron


Pengertian Aleuron Menurut Para Ahli :

Tumbuhan memiliki beberapa komponen sel yang membentuk dirinya, salah satunya adalah komponen non protoplasmik yang kemudian dapat dibedakan menjadi dua bagian, yaitu:

  1. Komponen non protoplasmik yang bersifar cair.

Komponen-komponen yang berbentuk cair tersebut dapat ditemukan di dalam vakuola, beberapa di antaranya adalah: Asam organi, karbohidrat, protein, alkaloid, zat penyamak, zat warna antosianin, lemak dan yang terakhir adalah minyak lemak.

  1. Komponen non protoplasmik yang bersifat padat.

Komponen yang berbentuk padat tersebut antara lain: kristal kalsium oksalat, aleuron, serta amilum.

Pengertian aleuron adalah cadangan makanan yang terdapat di dalam sitoplasma tumbuhan dalam bentuk butir-butir protein.

Proses pembentukan aleuron terjadi karena adanya protein yang bersifat pasif di dalam sel yang kemudian ditransportasikan dan disimpan secara bersama-sama sebagai cairan di dalam vakuola tumbuhan. Di dalam vakuola, cairan-cairan tersebut mengalami sebuah proses yang mengubah mereka menjadi protein terlarut yang akhirnya mengalami pengendapan. Pengendapan ini biasanya dipicu oleh terjadinya pematangan buah atau biji pada tumbuhan, sehingga terbentuklah butir-butir aleuron.

Aleuron adalah protein yang digabungkan ke dalam globulin, hal ini dapat dibuktikan dengan melakukan pengujian dengan menggunakan reaksi protein seperti berikut:

  • Dengan melakukan pembubuhan larutan iodin pada butir aleuron, maka butir aleuron akan berubah warna menjadi ungu.
  • Sedangkan bila direaksikan dengaan milon, butir aleuron akan berubah warna menjadi merah.

Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian aleuron pada tumbuhan secara umum ya ! Baca juga pengertian public figure 🙂