PENGERTIAN ALTERNATIF PEMECAHAN MASALAH


  • Pengertian alternatif pemecahan masalah itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan alternatif pemecahan masalah ?
  • Apakah tujuan evaluasi alternatif pemecahan masalah ?
  • Apa itu alternatif / arti kata alternatif ?

Pengertian Alternatif Pemecahan Masalah


Pengertian Alternatif Menurut Para Ahli :

Pengertian alternatif adalah satu dari dua atau lebih cara untuk mencapai tujuan atau akhir yang sama. Alternatif tidak harus menjadi pengganti dekat untuk pilihan pertama (atau alternatif lain), atau harus memecahkan masalah dengan cara tertentu. Contoh : bundling produk, promosi yang luas, harga yang lebih rendah, garansi, penawaran khusus dsb adalah cara-cara alternatif untuk mencapai tujuan yang sama yaitu pendapatan penjualan perusahaan yang lebih besar.

Pengertian alternatif pemecahan masalah adalah pilihan yang terdiri dari beberapa rumusan yang dapat dijadikan sebagai sebuah solusi bagi permasalahan yang tengah dihadapi. Alternatif pemecahan masalah seringkali disebut dengan alternatif solusi.

Masalah merupakan sebuah hal yang akan selalu muncul di dalam kehidupan kita, di mana di dalam setiap kemunculannya kita akan dituntut untuk memiliki sejumlah solusi / alternatif dalam menyelesaikannya. Setiap orang tentu saja akan memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam meyelesaikan sebuah masalah dan hal ini akan sangat bergantung pada pola pikir dan kemampuan seseorang untuk menganalisa dan memilih sebuah jalan penyelesaian yang terbaik bagi masalah tersebut. Di dalam hal ini akan sangat dibutuhkan kecerdasan membuat alternatif pemecahan masalah dan ketenangan dalam mengambil keputusan.

Pada dasarnya setiap orang pasti memiliki kemampuan untuk membuat berbagai alternatif pemecahan masalah yang dihadapinya, namun tidak serta merta semua orang mampu memilih dan melakukan pemecahan tersebut dengan baik. Hal ini bisa terjadi karena adanya perbedaan pandangan setiap orang terhadap permasalahan yang sedang dihadapinya. Beberapa orang mungkin akan tetap tenang dan bersikap biasa saja saat menghadapi sebuah masalah, di mana kemudian orang tersebut bisa memikirkan dan menganalisa masalahnya dengan cerdas. Namun ada banyak orang yang langsung panik bila dihadapkan pada sebuah masalah dan orang tersebut justru mengambil jalan pintas dalam penyelesaian masalah tersebut. Atau, bahkan tak jarang seseorang akan melarikan diri dari permasalahan yang sedang dihadapinya dan tidak melakukan sebuah usahapun untuk menyelesaikannya..

Beberapa poin di bawah ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan dalam membuat sebuah alternatif penyelesaian masalah :

  • Pengenalan dan pemahaman terhadap masalah yang terjadi.
  • Penentuan sejumlah solusi penyelesaian yang akan digunakan sebagai alternatif.
  • Pemilihan kriteria yang akan digunakan di dalam melakukan evaluasi terhadap solusi alternatif penyelesaian.
  • Melakukan evaluasi solusi alternatif yang telah dipilih
  • Pemilihan terhadap solusi alternatif yang telah terpilih.
  • Pelaksanaan solusi alternatif yang telah dipilih.
  • Melakukan evaluasi terhadap solusi akhir yang dilakukan untuk mendapatkan sebuah solusi yang memuaskan. Tujuan evaluasi alternatif pemecahan masalah adalah untuk mengukur sampai sejauh mana solusi tersebut bisa memberikan efek positif atau negatif bagi suatu masalah.

Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian alternatif pemecahan masalah / pengertian alternatif solusi ya ! Baca juga pengertian alter ego 🙂