PENGERTIAN ANJUNGAN


  • Pengertian anjungan itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan anjungan ?
  • Apa itu anjungan ? Apa arti kata anjungan ?
  • Apa pengertian kata anjungan ?

Pengertian Anjungan


Pengertian Anjungan Menurut Para Ahli :

Pengertian anjungan adalah sebuah tempat strategis dimana disitu dibuat bangunan khusus yang strategis berupa sarana dan prasarana untuk mendukung suatu tujuan tertentu.

Pengertian anjungan tunai mandiri adalah ATM bank tempat mengambil dan menarik uang.

Pengertian anjungan daerah adalah tempat pameran yang menampil budaya daerah seperti baju tradisional, bangunan tradisional, kerajinan tangan dsb. Contoh anjungan daerah adalah TMII.

Pengertian anjungan lepas pantai adalah bangunan atau menara yang dibuat di sekitar lepas pantai yang berfungsi sebagai sarana dan prasarana ekploitasi dan ekplorasi barang tambang.

Pengertian anjungan mahasiswa adalah portal akademik untuk login mahasiswa via internet.

Pengertian anjungan kapal adalah sebuah ruangan khusus yang dibuat dan dijadikan sebagai ruang kemudi kapal, di mana segala sesuatu yang berhubungan dengan kemudi kapal tersebut berada di dalam ruangan tersebut.

Pada umumnya anjungan kapal terdiri dari segala perlengkapan mengenai kemudi kapal, yang meliputi: roda kemudi kapal, peralatan navigasi, sebuah kamar untuk nakhoda dan sebuah kamar khusus untuk radio yang digunakan untuk berkomunikasi dengan pihak dermaga ataupun pihak lainnya yang berkepentingan dengan hal tersebut.

Sebuah anjungan biasanya akan diletakkan / dibuat pada posisi yang sangat strategis dan memiliki jarak pandang yang sangat baik dan cukup jelas ke segala arah, di mana seorang nakhoda dapat menentukan dengan jelas arah dan tujuan kapal yang sedang dikemudikannya. Dengan begitu sudah cukup jelas bukan, bahwa sebuah anjungan dimaksudkan untuk tujuan kemudi dan menjadi sebuah ruangan khusus bagi seorang nakhoda, baik itu saat dia sedang bekerja ataupun pada saat dia beristirahat di kamarnya. Penempatan kamar nakhoda ini sekaligus menjadi bentuk antisipasi terhadap segala macam gangguan yang mungkin terjadi selama pelayaran di saat nakhoda utama sedang tidak menjalankan tugasnya, maka sang nakhoda dengan mudah dapat mencapai kemudi dan melakukan berbagai macam tindakan penyelamatan yang dibutuhkan.

Anjungan merupakan salah satu bagian yang terpenting di dalam sebuah kapal, di mana seluruh aktifitas yang berhubungan dengan kemudi dan navigasi kapal akan berlangsung di sana. Hal ini membuat anjungan menjadi sebuah wilayah yang wajib dijaga keamanan dan kenyamanannya secara khusus, agar sang nakhoda dapat menjalankan segala tugas dan kewajibannya dengan sangat baik dan hati-hati.

Sedangkan di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata anjungan justru memiliki arti yang berbeda, di mana arti kata tersebut adalah sebuah bangunan yang terdapat di dalam taman ataupun sebuah lapangan, yang mana bangunan tersebut seringkali dibangun secara artistik yang penggunaannya ditujukan sebagai tempat wisata. Sedangkan arti kata lainnya mengatakan bahwa anjungan adalah sebuah bangunan yang dibuat secara khusus dengan tujuan pameran, contohnya: Anjungan Tunai Mandiri (ATM).


Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian anjungan ya ! Baca juga pengertian okupansi 🙂