PENGERTIAN ANTROPOGEOGRAFI DAN CONTOHNYA


  • Pengertian antropogeografi itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan antropogeografi ?
  • Apa itu antropogeografi ? Apa arti antropogeografi ?
  • Apa contoh antropogeografi ?

Pengertian Antropogeografi


Pengertian Antropogeografi Menurut Para Ahli :

Pengertian antropogeografi adalah sebuah cabang ilmu di dalam geografi yang secara khusus mempelajari tentang persebaran manusia di permukaan bumi dan dalam hubungannya dengan lingkungan geografi, yang mana hal ini ditujukan untuk analisis distribusi, lokasi dan organisasi spasial yang terjadi.

Definisi antropogeografi adalah cabang antropologi yang berhubungan dengan distribusi geografis manusia.

Pendek kata, pengertian antropogeografi adalah cabang ilmu geografi hasil interaksi antara manusia dan lingkungan mereka.

Contoh dari antropogeografi adalah penelitian yang dilakukan dibeberapa wilayah di Papua yang bertujuan untuk mencari wilayah sebaran beberapa suku asli Papua yang mendiami wilayah / kawasan tertentu di pulau tersebut.

Pada prakteknya, di dalam mempelajari antropogeografi secara khusus atau geografi secara umum, akan diperlukan beberapa sarana bantu yang akan digunakan untuk melihat secara tidak langsung terjadinya gejala fisik dan sosial di antara manusia, adanya hubungan dan persebaran, serta susunan keruangan yang tercipta. Beberapa sarana bantu yang lazim digunakan adalah:

  • Tabel

Tabel dapat dijadikan sebagai sarana bantu geografi karena tabel dapat memuat berbagai macam data (baik itu yang berupa kata, kalimat, ataupun angka) yang menjelaskan berbagai macam fenomena yang terjadi di atas permukaan bumi. Biasanya sebuah tabel akan memuat data yang disusun secara sistematis, yaitu: urut ke bawah atau ke samping, dalam deret dan lajur tertentu, dan diberi garis pembatas antara satu dengan yang lainnya sehingga mudah untuk disimak. Informasi yang dimuat di dalam sebuah tabel, biasanya akan disesuaikan dengan tema atau topik yang disampaikan.

  • Diagram

Diagram juga merupakan salah satu sarana bantu yang penting di dalam georafi, di mana alat ini akan digunakan untuk menjelaskan berbagai macam fenomena geosfer yang terjadi. Hal ini akan dijelaskan dengan cara melukiskan bagian-bagiannya dan cara kerjanya secara berurutan, yang mana hal ini biasa disebut sebagai diagram arus.

  • Grafik

Grafik adalah sarana bantu geografi yang digunakan untuk menunjukkan naik dan turun / pasang surut nya suatu gejala atau fenomena tertentu yang terjadi antar waktu tertentu, hal ini biasanya akan dijelaskan dengan menggunakan garis.

  • Peta

Peta merupakan sarana bantu geografi, yang mana alat ini akan memuat bermacam-macam data dari permukaan bumi yang dapat diinformasikan.


Itulah penjelasan pengertian dari antropogeografi. Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian ilmu antropogeografi secara umum ya ! Baca juga pengertian ornitologi dalam biologi 🙂