PENGERTIAN APARATUR


  • Pengertian aparatur pemerintah daerah itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan aparatur sipil negara ?
  • Apa itu aparatur ? Apa arti aparatur?
  • Apa pengertian aparatur pemerintah ?
  • Apa pengertian aparatur desa ?

Pengertian Aparatur


Pengertian Aparatur Menurut Para Ahli :

Pengertian aparatur adalah orang-orang serta lembaga yang mempunyai peranan strategis dalam menyelenggarakan tugas-tugas umum.

Ada dua istilah yang memiliki makna yang hampir sama akan tetapi penggunaannya sering dipertukarkan dan dianggap sama dalam pembicaraan sehari-hari yaitu istilah aparat dan aparatur. Istilah aparat memiliki pengertian yang lebih umum meliputi alat atau perlengkapan untuk mencapai tujuan tertentu, sementara itu istilah aparatur lebih khusus ditujukan untuk menyebut perangkat atau alat negara dan pemerintah yang bertugas dan bertanggung jawab melaksanakan urusan negara dan pemerintahan, contohnya pegawai negeri sipil yang bertugas untuk kepentingan negara dan pelayanan pada masyarakat.

Istilah aparatur sering disandingkan dengan dua kata yaitu negara dan pemerintah. Baik istilah aparatur negara dan aparatur pemerintah diartikan sama saja oleh sebagian besar orang. Jika disebut aparatur negara atau aparatur pemerintah maka yang dimaksud adalah pegawai negeri sipil. Padahal kedua istilah ini berbeda artinya. Istilah aparatur pemerintahan juga tidak terbatas pada pegawai negeri sipil saja.

Untuk memahami kedua istilah ini harus dibedakan dahulu antara negara dan pemerintahan. Negara dapat diartikan organisasi yang terdiri dari sekumpulan orang yang menempati wilayah tertentu yang pengelolaannya dijalankan oleh pemerintahan yang berdaulat. Pemerintahan di suatu negara bisa saja berganti tergantung siapa yang berkuasa akan tetapi kepentingan negara harus tetap dilaksanakan.

Sehingga dapat kita simpulkan bahwa pengertian aparatur negara adalah alat kelengkapan negara yang bekerja untuk kepentingan negara, sementara itu pengertian aparatur pemerintah adalah alat negara yang bertanggung jawab untuk menjalankan roda pemerintahan.

Dan pengertian aparatur pemerintah daerah adalah keseluruhan dari badan-badan yang tingkatnya ada di bawah Presiden yang bertempat di daerah baik itu yang di bawah Lembaga Departemen atau yang berada di bawah Lembaga Non Departemen yang tujuan utamanya adalah melakukan dan melaksanakan roda pemerintahan di daerah.

Ada juga istilah aparatur sipil negara. Pengertian aparatur sipil negara adalah profesi dari orang yang bekerja pada instansi pemerintah yang terdiri dari pegawai negeri sipil dan pegawai pemerintah lainnya dengan perjanjian kerja, memiliki tugas dan tanggung jawab dalam suatu instansi pemerintah dan digaji sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Salah satu hal yang membedakan keduanya adalah hak menerima jaminan pensiun dan hari tua. Pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja tidak berhak menerima jaminan pensiun dan hari tua.

Dengan terbitnya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 yang mengatur tentang Aparatur Sipil Negara atau ASN maka aparat pemerintah seperti pegawai negeri sipil dan pegawai pemerintah lainnya dengan perjanjian kerja telah menjadi sebuah profesi yang memiliki asas, nilai dasar, pengembangan kompetensi, kode perilaku, dan kode etik. Layaknya profesi lainnya maka ASN harus dapat bekerja secara profesional serta memiliki kompetensi, objektivitas, transparansi, kinerja, dan kualifikasi. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah bebas dari kepentingan politik dan praktek korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Pengertian aparatur desa adalah semua unsur yang mempunyai peran penting dan terlibat di dalam lingkungan desa. Contoh aparatur desa adalah : BPD, LKMD/ LPM, Karang Taruna, PKK, pemangku adat, RW, RT, Kadus, Kaur / Kasi, Sekdes, dan Kades.


Nah itulah penjelasan singkat mengenai definisi aparatur. Semoga teman-teman bisa memahami pengertian aparatur secara umum ya ! Baca juga pengertian aparat 🙂