PENGERTIAN ARBITER DALAM BAHASA


  • Pengertian arbiter dalam bahasa itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan arbiter ?
  • Apa itu arbiter ? Apa arti kata arbiter ?
  • Apa pengertian arbiter dalam bahasa indonesia ?

Pengertian Arbiter


Pengertian Arbiter Menurut Para Ahli :

Arti arbiter adalah orang yang ditunjuk atau disetujui oleh kedua belah pihak yang bersengketa untuk menjadi penengah dan memberi keputusan yang akan ditaati oleh kedua pihak. Dalam olahraga biasa disebut wasit atau juru pisah. Dalam dunia hukum tetap disebut arbiter.

Namun pengertian arbiter dalam bahasa adalah sesuatu hal yang sewenang­-wenang, berubah-­ubah, tidak tetap, dan suka seenaknya. Maknanya secara istilah adalah tidak adanya hubungan wajib antara lambang bahasa (yang berwujud bunyi) dengan pengertian yang dimaksud oleh lambang tersebut.

Sebagai contohnya adalah kata kuda yang melambangkan seekor binatang berkaki empat yang bisa dinaiki dan ditunggangi. Kita tidak dapat menjelaskan mengapa binatang tersebut dilambangkan dengan bunyi kuda. Mengapa bukan aduk atau akud atau lambang yang lainnya. Hal ini tidak bisa dijelaskan karena sifat arbiter itu. Lambang yang berupa bunyi tidak memberi petunjuk apapun untuk mengenal arti yang diwakilinya.

Tidak adanya hubungan antara lambang dengan yang dilambangkannya ini menyebabkan Bolinger, seorang ahli bahasa berkebangsaan Amerika (18 Agustus 1907 – 23 February 1992) mengatakan: Seandainya ada hubungan antara lambang dengan yang dilambangkannya, maka seseorang yang tidak tahu suatu bahasa tertentu tentu akan dapat menebak makna sebuah kata apabila dia mendengar kata itu diucapkan.

Misalnya, orang Inggris yang tidak tahu bahasa Indonesia tentu akan mengerti makna kata kuda ketika dia mendengar kata itu diucapkan.

Andaikan ada hubungan wajib antara lambang bahasa dengan yang dilambangkannya, tentu lambang yang berbunyi kuda dalam bahasa Indonesia, akan disebut juga kuda oleh orang di Klaten, bukannya jaran. Serta orang di Inggris juga akan menyebutnya dengan sebutan kuda dan bukannya horse.

Dapat disimpulkan bahwa tidak adanya hubungan wajib antara antara lambang bahasa (yang berwujud bunyi) dengan pengertian yang dimaksud oleh lambang inilah yang menyebabkan adanya bermacam-macam bahasa di bumi ini.


Nah itulah penjelasan singkat mengenai bahasa bersifat arbitrer dan contohnya.. Semoga artikel penjelasan arbiter ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua ya. Baca juga pengertian dharma wacana 🙂