PENGERTIAN ARTEFAK BESERTA CONTOHNYA


  •  Apa yang dimaksud dengan artefak ?
  • Apa itu artefak / apa arti artefak dalam sejarah ?
  • Apa pengertian artefak dan contohnya ?
  • Apa contoh artefak dan penjelasannya ?

Pengertian Artefak Beserta Contohnya


Pengertian Artefak Menurut Para Ahli :

Pengertian Artefak adalah benda-benda arkeologi atau benda-benda peninggalan sejarah yang pada dasarnya merupakan hasil karya atau hasil modifikasi tangan manusia dan dalam posisi dapat dipindahkan.

Babarapa penemuan artefak penting yang dikelompokkan menurut zamannya adalah sebagai berikut:

  1. Zaman Palaeolitikum.

Seorang ahli bernama Von Koenigswald melakukan penelitian di daerah Pacitan dan Ngandong, Jawa Timur dan dari penelitian tersebut diambil kesimpulan bahwa manusia yang hidup di Zaman Palaeotikum telah mulai mempersenjatai dirinya dengan alat-alat yang berfungsi untuk melindungi diri. Hal itu dibuktikan dengan ditemukannya artefak berbentuk kapak genggam atau yang sering disebut dengan kapak perimbas.

  1. Zaman Mesolithikum.

Pada zaman ini manusia sudah mulai hidup menetap dan membangun tempat tinggal yang permanen, hal itu dikuatkan dengan adanya penemuan Abris Sous Roche yaitu semacam tempat tinggal yang dibangun berbentuk ceruk-ceruk pada batu karang. Selain itu ditemukan pula Kjokkenmoddinger yang merupakan sampah-sampah kerang dan siput dalam bentuk gunungan yang besar yang kemudian menambah asumsi bahwa manusia pada zaman ini telah hidup menetap. Penemuan lain yang tak kaalah penting adalah artefak dalam bentuk kapak-kapak genggam, serta betu penggiling dan tulang.

  1. Zaman Logam.

Pada zaman logam manusia telah mampu membuat perlatan dari logam, hal itu ditandai dengan penemuan artefak berbentu perhiasan yang terbuat dari emas, perunggu dan besi.

Zaman ini dibagi menjadi 3 bagian yaitu: zaman tembaga, zaman perunggu dan zaman besi.

  1. Zaman Megalithikum.

Zaman yang biasa disebut dengan Zaman batu besar dan ini menjadi tonggak lahirnya bangunan-bangunan batu berukuran besar.

Berapa peninggalan penting dari zaman ini adalah: Menhir, Dolmen, Sarchopagus / keranda, kubur batu dan arca-arca.


Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian artefak dan contohnya ya ! Baca juga pengertian abris sous roche dan kjokkenmoddinger 🙂