PENGERTIAN ARTIFISIAL


  • Pengertian artificial intelligence itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan artificial intelligence?
  • Apa itu artificial ? Apa arti kata artificial ?
  • Apa pengertian artificial neural network ?
  • Apa pengertian artificial light ?

Pengertian Artifisial


Pengertian Artifisial Menurut Para Ahli :

Sebagian besar teman-teman mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah artifisial. Jika kita menonton film fiksi ilmiah maka kita akan sering mendengar istilah artificial intelligence atau kecerdasan buatan.

Pengertian kecerdasan buatan (artificial intelligence) adalah kecerdasan yang ditanamkan pada robot sehingga robot tersebut memiliki kecerdasan layaknya seorang manusia. Adapun pengertian artificial intelligence menurut para ahli antara lain sebagai berikut :

  • Arti artificial intelligence adalah studi membuat kemampuan komputer seperti kemampuan manusia atau bahkan lebih baik lagi dari manusia (Rich dan Knight : 1991)
  • Definisi artificial intelligence adalah suatu studi yang meniru perilaku cerdas dalam bentuk komputerisasi (Schalkoff : 1990)
  • Pengertian artificial intellegence adalah bidang studi yang mempelajari model dan penyimpanan kecerdasan manusia dalam suatu bentuk sistem TI (teknologi informasi) yang nantinya sistem ini berguna dalam pengambilan keputusan (Haag dan Keen : 1996)

Atau jika teman-teman mendalami bidang komputer tentu pernah mendengar istilah artificial neural network. Pengertian artificial neural network adalah jaringan syaraf tiruan yang merupakan representasi dari pola kerja jaringan syaraf di otak manusia yang diaplikasikan pada sistem komputer agar sistem tersebut dapat meniru proses yang terjadi pada jaringan syaraf manusia. Jadi apa maksud sebenarnya istilah artifisial itu?

Pengertian artifisial adalah tidak alami atau buatan yang menunjukkan segala sesuatu yang dibuat meniru apakah bentuk, sifat, atau cara kerja dari sesuatu yang sudah ada yang telah diciptakan Tuhan.

Dalam dunia fotografi ada juga istilah tentang artificial light. Pengertian artificial light adalah pencahayaan buatan, dimana pencahayaan ini berasal dari cahaya matahari melainkan melalui media pencahayaan buatan seperti lampu, senter, lilin, kembang api, laser dsb.

Kecerdasan yang dianugerahkan Tuhan membuat manusia ingin juga mengaplikasikannya pada robot atau komputer sehingga diharapkan robot atau komputer tersebut memiliki kecerdasan layaknya manusia sehingga muncul istilah kecerdasan buatan. Jaringan syaraf super kompleks di otak manusia juga dicoba diaplikasikan pada robot atau komputer sehingga diharapkan robot atau komputer tersebut dapat meniru pola kerja jaringan syaraf otak manusia sehingga muncul istilah jaringan syaraf tiruan.

Dua faktor penting dari istilah artifisial adalah menyerupai benda aslinya dan menghasilkan manfaat seperti yang dihasilkan benda aslinya. Sesuatu dapat dikatakan artifisial jika ia dibuat menyerupai yang aslinya apakah itu bentuk, sifat, cara kerja, dan lain-lain serta mendatangkan manfaat seperti yang dihasilkan oleh benda aslinya.

Jika kita membuat sesuatu yang tidak meniru dari benda asli yang telah ada sebelumnya maka tidak dapat dikatakan benda itu artifisial, bisa jadi itu merupakan sesuatu yang benar-benar baru atau asli. Juga tidak bisa disebut artifisial jika sesuatu sudah dibuat meniru benda asli yang telah ada akan tetapi tidak bermanfaat seperti benda aslinya karena tujuan pembuatannya tidak tercapai yaitu mendatangkan manfaat seperti benda aslinya.


Nah itulah artinya artifisial. Semoga kalian bisa memahami pengertian artifisial secara umum ya ! Baca juga pengertian akses 🙂