PENGERTIAN ASKRIPSI DAN CONTOHNYA


  • Pengertian askripsi dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan askripsi ?
  • Apa itu askripsi / arti askripsi ?
  • Apa perbedaan askripsi dan prestasi ?
  • Apa contoh askripsi ?

Pengertian Askripsi dan Contohnya


Pengertian Askripsi Menurut Para Ahli :

Pengertian askripsi adalah sebuah hubungan atau kedudukan yang sifatnya khusus dan diperoleh dengan cara tidak disengaja, namun hal tersebut terjadi karena adanya sebuah kebiasaan ataupun garis keturunan yang telah dibawa seseorang sejak dia lahir.

Dengan melihat definisi askripsi di atas, maka sudah dapat dipastikan bahwa askripi merupakan kebalikan dari prestasi yang mana seseorang akan mendapatkan sebuah hubungan ataupun kedudukan dengan cara mengandalkan dirinya sendiri sebagai seorang individu dan tidak membawa serta siapapun dalam hal tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa askripsi artinya lebih cenderung mengandung makna yang negatif, di mana seseorang akan menggunakan kedudukan keluarganya dalam mendapatkan sebuah hubungan ataupun kedudukan di mata masyarakat umum.

Ada begitu banyak contoh askripsi yang dapat kita lihat di dalam kehidupan kita sehari-hari, beberapa di antaranya seperti di bawah ini:

  • Di dalam perkawinan

Di dalam masyarakat Indonesia perkawinan melalui sebuah perjodohan adalah sebuah hal yang lumrah dilakukan, meskipun sejak dulu hal ini banyak ditentang, namun tak sedikit orang yang masih melakukannya. Ada banyak suku yang masih memegang teguh aturan perjodohan di dalam kehidupan mereka, misalnya di dalam Suku Batak ataupun Suku Minang yang pada beberapa keluarga / marga tertentu masih antipati terhadap pernikahan di luar suku.

Contohnya: seorang gadis Batak jatuh cinta dan berniat untuk menikah dengan kekasihnya yang berdarah Jawa, namun keluarga besar menentangnya dan menikahkannya dengan seorang kerabat dekat yang tentu saja berdarah Batak, maka di dalam hal ini si pemuda Jawa telah kehilangan hak nya karena tidak memiliki garis keturunan Batak di dalam dirinya.

  • Di dalam pekerjaan

Contoh askripsi di dalam bidang ini lebih sering disebut sebagai nepotisme, di mana seseorang akan dengan mudah mendapatkan sebuah jabatan di dalam sebuah perusahaan hanya karena dia memiliki koneksi atau hubungan keluarga dengan pemiliki ataupun salah seorang petinggi di dalam perusahaan tersebut. Hal ini banyak terjadi di lingkungan kita, mulai dari sebuah perusahaan kecil, bahkan hingga ke lembaga besar seperti lembaga pemerintahan.


Itulah penjelasan askripsi. Semoga teman-teman bisa memahami pengertian askripsi dan contohnya ya ! Baca juga pengertian percepatan gravitasi 🙂