PENGERTIAN ASPIRASI


  • Pengertian aspirasi masyarakat itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan aspirasi rakyat ?
  • Apa itu aspirasi ? Apa arti kata aspirasi ?
  • Apa definisi aspirasi masyarakat ?
  • Apa pengertian aspirasi dalam ilmu kesehatan ?

Pengertian Aspirasi


Pengertian Aspirasi Menurut Para Ahli :

Pengertian aspirasi adalah suatu keinginan yang kuat atau cita-cita. Dalam pengertian yang lain aspirasi adalah harapan perubahan yang lebih baik dengan tujuan untuk meraih keberhasilan di masa depan.

Definisi aspirasi adalah keinginan dan harapan indivitis akan suatu prestasi atau suatu keberhasilan. Aspirasi akan mengarahkan aktivitas individu untuk lebih terfokus pada pencapaian tujuan-tujuan tersebut (Slameto:2003).

Arti aspirasi adalah keinginan yang sangat kuat yang ditandai dengan usaha untuk meraih sesuatu hal yang dipandang lebih tinggi dan lebih bernilai dari keadaan sekarang. Keinginan ini bisa berupa peningkatan status individu maupun keinginan yang bersifat extreme, terlalu berani ataupun tidak wajar (Hurlock:1979).

Pertanyaannya, apakah aspirasi bisa menjadi bahan bakar yang hebat untuk mencapai tujuan Anda, atau hanya sekedar harapan ? Untuk memahaminya, mari kita cermati contoh berikut :

Masa kanak-kanak adalah masa yang umum untuk mulai memiliki keinginan dan cita-cita. Sering kita temui, dengar anak-anak yang bercita-cita ingin menjadi dokter, pilot, guru, arsitek, polisi, bahkan artis. Maka menurut pengertian aspirasi di atas, ini artinya anak-anak memiliki aspirasi.

Dalam perjalanannya, anak-anak ini tidak semuanya berhasil mencapai cita-citanya tersebut. Dengan kata lain, apa yang mereka capai ketika dewasa tidak sesuai dengan apa yang mereka cita-citakan di masa anak-anak.

Tidak hanya anak-anak, orang dewasa pun sangat mudah untuk memiliki aspirasi atau cita-cita. Namun pada usia muda, sangat mudah pula bagi seseorang untuk terpengaruh pada lingkungannya. Seseorang terhadap lingkungannya ibarat spon  yang mudah menyerap air. Hal inilah yang bisa jadi membentuk seseorang menjadi seorang dewasa yang tidak diaspirasikan atau dicita-citakan sebelumnya.

Namun ada yang membedakan anak-anak dan dewasa. Seorang dewasa akan mencapai sebuah titik dalam hidup di mana ia menyadari bahwa aspirasi tidak akan membawanya dari titik A ke B. Apa yang akan membawanya adalah kemauan untuk bertindak, pengaruh, pikiran, dan sikap.

Dengan demikian jelas bahwa aspirasi hanyalah sebuah harapan namun tanpa tindakan untuk mencapainya. Ia seperti bibit tanaman yang hanya akan tumbuh dan berkembang menjadi tanaman tertentu jika ditanam, disiram dan dipupuki dan dirawat dengan baik

Contoh lain dari aspirasi bisa kita temui dalam dunia politik. Pengertian aspirasi rakyat adalah usulan, keinginan atau kehendak disertai harapan agar bisa tercapai. Misalnya, aspirasi rakyat agar pemerintah menurunkan harga BBM. Aspirasi di sinipun hanya akan menjadi sebatas usulan dan harapan masyarakat yang tidak akan terwujud jika dari pemerintah sendiri tidak mengambil tindakan untuk mewujudkannya.

Pengertian aspirasi mahasiswa adalah berbagai tuntutan yang dikemas dalam ide kreatif mahasiswa yang mengusulkan suatu proses perubahan atas sesuatu hal. Pada umumnya pembentukan aspirasi ini dibuat oleh senat mahasiswa.

Dalam dunia medis, pengertian aspirasi dalam kesehatan adalah kondisi dimana partikel kecil seperti cairan atau serpihan makanan masuk ke dalam paru-paru yang bisa menyebabkan seseorang kesulitan bernapas. Aspirasi pada umumnya banyak terjadi pada bayi. Pengertian aspirasi pada bayi berarti merujuk pada bayi yang tersedak karena meminum asi.

Sedangkan pengertian aspirasi pneumonia adalah paru-paru yang sudah terinfeksi dikarenakan masuknya / terhirupnya benda-benda asing seperti makanan kecil ke dalam saluran pernapasan yang tidak bisa dikeluarkan melalui mekanisme pertahanan normal.

Yang menarik adalah aspirasi dalam istilah linguistik (bahasa), yaitu realisasi sebuah bunyi bahasa (fonem) yang disertai hembusan udara/ letupan napas yang cukup keras sehingga dapat didengar. Contoh: bunyi [g] dan [k] merupakan dua fonem yang berbeda, misalkan dalam kata “cagar” dan “cakar”.


Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian aspirasi secara umum ya ! Baca juga pengertian judex facti dan judex juris 🙂