PENGERTIAN ASUMSI


 Apa yang dimaksud dengan asumsi ? Apa itu asumsi ? Apa arti kata asumsi ? Apa definisi asumsi ?


Pengertian Asumsi


Jika kamu sekarang ini sedang menduga-duga akan sesuatu hal maka bisa jadi kamu sedang berasumsi.

Pengertian Asumsi Menurut Para Ahli menyatakan bahwa :

Pengertian asumsi adalah dugaan atau anggapan sementara yang belum terbukti kebenarannya dan memerlukan pembuktian secara langsung. Memperkirakan keadaan tertentu yang belum terjadi juga temasuk ke dalam makna asumsi. Contoh : Budi berasumsi bahwa juara moto GP tahun ini adalah Valentino Rossi. Padahal asumsinya bisa saja salah karena banyak faktor yang mempengaruhinya.

Pengertian asumsi adalah skenario untuk mensimulasikan realitas yang berbeda atau situasi yang mungkin terjadi tanpa menghiraukan faktor-faktor yang kompleks dan menyeluruh. Asumsi kerap kali dihubungkan dengan aturan praktis.

Definisi asumsi adalah dugaan pikiran yang dianggap benar (HANYA) untuk sementara, dan asumsi tersebut bukanlah kepastian. Asumsi sering dibuat oleh siapun yang ingin mengetahui apa yang akan terjadi dengan mencarinya, menanyakan, meramalkan dan menduga-duga. Asumsi merupakan hal yang wajar dilakukan karena memang asumsi terjadi tanpa mengenal umur.

Arti asumsi adalah landasan berpikir yang dianggap benar atau dugaan yang diterima sebagai dasar. Semua orang menginginkan pengetahuan, itulah sebabnya mengapa banyak orang berasumsi. Asumsi merupakan hal yang tidak salah. Dengan berasumsi maka kemungkinan pikiran seseorang akan menjadi kenyataan, namun bisa juga sebaliknya. Asumsi juga sering dilakuka ketika sedang memikirkan mengenai cita-citanya.

Pendek kata, pengertian asumsi adalah suatu anggapan yang dianggap menjadi suatu kebenaran sementara bagi si pembuat asumsi. Agar anggapan tersebut menjadi kebenaran yang kekal atau kebenaran yang mutlah maka anggapan tersebut memerlukan suatu pembuktian.


Apa pengertian asumsi penelitian ?


Pengertian asumsi dalam penelitian adalah berbagai penyataan yang bisa diuji kebenarannya dengan dilakukannya percobaan dalam penelitian. Asumsi dalam penelitian kerap kali menghilangkan faktor-faktor tertentu dan hanya menggunakan faktor-faktor yang penting (asumsi dasar). Hal ini adalah hal yang wajar dikarenakan faktor-faktor di kehidupan nyata sangatlah kompleks dan menyeluruh.


Apa pengertian asumsi ekonomi ?


Pengertian asumsi dalam ilmu ekonomi hampir sama dengan pengertian asumsi di atas, hanya saja konteksnya pada bidang ekonomi. Contoh asumsi ekonomi yang sering digunakan adalah asumsi Ceteris paribus. Asumsi ceteris paribus beranggapan hal-hal lain dianggap tetap sama. Asumsi ini berguna untuk mengurangi berbagai faktor-faktor yang kompleks dan membantu menyederhanakan formula-formula dalam ekonomi


Apa pengertian asumsi dalam filsafat ilmu ?


Pengertian asumsi dalam filsafat adalah spekulasi realitas akan hakikat yang ada baik dalam wujud yang konkret ataupun dalam wujud abstrak. Asumsi merupakan kelompok ontologi yang berguna untuk memperoleh pengetahuan dan menjadi landasan serta arah dalam kegiatan penelitian sampai asumsi tersebut bisa dibuktikan kebenarannya


Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian asumsi dan contohnya ini secara lebih mendalam ya ! Baca juga pengertian proporsional 🙂