PENGERTIAN ATRAKSI


  • Pengertian atraksi wisata budaya itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan atraksi wisata ?
  • Apa itu atraksi ? Apa arti kata atraksi ?
  • Apa pengertian atraksi pariwisata ?
  • Apa pengertian atraksi interpersonal ?

Pengertian Atraksi


Pengertian Atraksi Menurut Para Ahli :

Teman-teman tentu pernah mendengar istilah atraksi. Istilah ini sering digunakan untuk menunjukkan suatu pertunjukan yang sangat menarik perhatian seperti atraksi sirkus, atraksi sulap, dan lain-lain. Sangat jarang kita mendengar istilah atraksi tari kontemporer atau atraksi konser musik. Orang lebih sering menyebutnya pertunjukkan tari kontemporer atau pertunjukan konser musik. Mengapa begitu?

Istilah atraksi sendiri merupakan kosakata dalam bahasa Indonesia yang diserap dari bahasa Belanda yaitu attractie. Pengertian atraksi adalah pertunjukan atau tontonan yang memiliki daya tarik besar atau sangat menarik perhatian. Bukan hanya sekedar pertunjukan tetapi juga sangat menarik perhatian orang untuk menyaksikannya. Seperti atraksi sirkus yang menampilkan hal-hal tidak biasa seperti akrobatik atau kepiawaian hewan melakukan hal-hal yang biasa dilakukan manusia. Atau seperti atraksi sulap yang membuat kita penasaran bagaimana seseorang bisa menghilang dari dalam kotak.

J. P. Chaplin (2008) mendefinisikan atraksi adalah sesuatu yang mempunyai beberapa kualitas yang mampu mendatangkan tingkah laku yang menyebabkan adient behavior yaitu kecenderungan untuk mendekati sumber.

Istilah atraksi juga digunakan untuk pertunjukan yang berkaitan dengan budaya daerah seperti musik, tarian, tradisi, warisan sejarah, dan kekayaan alam yang menjadi daya tarik wisatawan di daerah. Seperti tari kecak yang berasal dari Bali sangat menarik perhatian wisatawan karena keunikannya dan belum pernah mereka saksikan sebelumnya.

Dari paparan di atas dapat kita ketahui bahwa poin penting dari istilah atraksi adalah adanya daya tarik yang besar dari suatu pertunjukan atau tontonan seperti atraksi ular menari atau atraksi anjing bersepeda. Munculnya daya tarik yang besar ini karena hal-hal tersebut di luar kebiasaan masyarakat sehingga menimbulkan rasa ingin tahu yang besar. Bisa juga karena hal tersebut belum pernah disaksikan sebelumnya seperti para wisatawan asing yang belum pernah menyaksikan pertunjukan tari kecak dimana di tempat asalnya mereka belum pernah menyaksikan pertunjukan ini.

Hal inilah yang membedakan penggunaan istilah atraksi dengan istilah lain seperti pertunjukan, sajian, atau tontonan yang digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang sudah biasa atau lumrah seperti pertunjukan tarian atau nyanyian. Orang-orang tetap suka menyaksikan pertunjukan ini akan tetapi daya tariknya tidak terlalu besar karena hal ini sudah lumrah disaksikan.

Adapun pengertian atraksi wisata menurut para ahli adalah sebagai berikut :

Pengertian atraksi wisata adalah daya tarik dari suatu objek parawisata ataupun hasil kesenian suatu daerah tertentu yang dapat menarik wisatawan / turis asing untuk berkunjung menuju ke tempat wisata tersebut. (James Spillane : 1987)

Contoh atraksi wisata adalah : masakan / kuliner khas daerah (seperti rendang, gudeg, tempoyak), arsitektur bangunan daerah, tanaman setempat, mitologi dsb.

Pengertian atraksi budaya adalah atraksi yang berbasiskan pada segala sesuatu yang dihasil dari aktivitas manusia. Contoh atraksi budaya yaitu :

  • Arkeologi
  • Keramah-tamahan penduduk setempat
  • Aktivitas ekonomi penduduk
  • Situs budaya & sejarah
  • Seni dan kerajinan tangan
  • Museum
  • Festival budaya

Contoh atraksi budaya (yang ada di Lombok) antara lain : adu pedang kayu, parade gendang beleq / gendang besar, tarian mibing & tarian gandrung.

Pengertian atraksi interpersonal adalah daya tarik seseorang, kesukaan ataupun sikap positif kepada orang lain. (Rakhmat : 2004)

Definisi atraksi interpersonal adalah suatu sikap seseorang terhadap orang lain yang dapat diwujudkan dari sangat suka hingga sangat tidak suka. Pendek kata arti atraksi interpersonal adalah ketertarikan seseorang terhadap orang lain. (Eyang Baron & Byrne : 1987)


Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian atraksi wisata dan contohnya ya ! Baca juga pengertian artifisial 🙂