PENGERTIAN BAKAT MENURUT PARA AHLI


  • Pengertian bakat dalam psikologi itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan bakat dan minat ?
  • Apa itu bakat ? Apa arti bakat ?
  • Apa pengertian bakat numerik ?

Pengertian Bakat


Pengertian Bakat Menurut Para Ahli :

Banyak acara televisi zaman sekarang yang menyajikan acara pencarian bakat, apakah bakat menyanyi, menari, atau bakat-bakat lainnya. Sering juga kita dengar orang menyebut bahwa bakat juga sangat menentukan keberhasilan seseorang. Apa sih sebenarnya maksud istilah bakat itu sendiri?

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, arti kata bakat adalah tanda-tanda bahwa sesuatu akan terjadi. Contohnya jika langit terlihat gelap dan angin bertiup kencang itu berarti bahwa cuaca berbakat hujan pada hari ini. Contoh lainnya jika seorang anak yang masih balita sangat senang bernyanyi dan sangat suka mendengarkan musik maka dapat kita katakan bahwa ia berbakat menjadi penyanyi ketika sudah dewasa.

Arti lain dari kata bakat adalah kemampuan, sifat, dan pembawaan yang telah dimiliki sejak lahir. Seperti ada orang yang sangat cakap dalam bidang melukis padahal usianya baru lima tahun atau seorang anak yang sudah menjadi master dalam olahraga catur dalam usia yang masih sangat muda. Dapat kita lihat bahwa kemampuan yang dimiliki sudah ada sejak lahir padahal belum pernah diajari atau dilatih sebelumnya.

Kata bakat juga dapat diartikan bekas, kesan, atau tanda-tanda dari sesuatu yang telah terjadi. Seperti bakat tsunami yang masih dapat kita lihat di Aceh dari puing-puing bangunan yang sudah hancur. Dimana musibah tsunami yang telah terjadi masih dapat kita lihat bekas atau kesannya.

Kata bakat sebagian besar berkonotasi positif seperti bakat menyanyi, bakat melukis, dan lain-lain. Ada juga kata bakat yang berkonotasi negatif seperti bakat maling atau bakat menipu, akan tetapi jarang kita dengar dibandingkan kata bakat yang berkonotasi positif.

Berikut ini adalah beberapa definisi bakat menurut para ahli :

Definisi bakat adalah benih atau bibit dari suatu sifat tertentu yang akan tampak secara jelas dan nyata jika diasah dan mendapatkan kesempatan untuk berkembang. (Suganda Pubakawatja : 1982)

Pengertian bakat adalah kemampuan bawaan yang merupakan potensi yang masih perlu dilatih dan dikembangkan supaya dapat dapat terwujud. (Utami Munandar : 1985)

Arti bakat adalah segala faktor yang melekat pada individu sejak lahir yang bersifat laten potensial yaitu dapat tumbuh dan berkembang secara lebih besar lagi. (Kartini Kartono  : 1979)

Bakat adalah seperangkat sifat-sifat atau kondisi yang dianggap sebagai tanda kemampuan seseorang dalam menerima respon tertentu. (Bingham)

Bakat adalah kemampuan seseorang dalam melakukan suatu tugas yang tidak tergantung pada latihan sebelumnya. (William B.Michael)

Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan bakat adalah sebagai berikut :

  • Lingkungan sekitar seperti keluarga, teman dan pergaulan
  • Tingkat pendidikan yang digeluti
  • Struktur syarat dan motorik
  • Emosi
  • Motivasi
  • Minat

Minat berbeda dengan bakat. Pengertian minat adalah suatu kondisi dimana seseorang mempunyai perhatian khusus dan serius terhadap sesuatu yang disertai pula keinginan untuk mengetahui dan mempelajari hal tersebut secara lebih lanjut. (Bimo Walgito : 1981)

Ada beberapa istilah bakat yang banyak digunakan di masyarakat seperti istilah bakat alam yang berarti kemampuan yang sudah dimiliki sejak lahir. Istilah bakat ombak yang berarti puncak atau bagian kepala ombak yang berbuih. Ada juga istilah bakat penyakit yang berarti seseorang yang memiliki tanda-tanda menderita penyakit tertentu. Istilah lainnya yaitu bakat terpendam yang berarti bakat seseorang yang tersembunyi atau tidak diperlihatkan.

Adapula istilah bakat numerik. Pengertian bakat numerik adalah bakat yang terkait dengan angka contohnya seseorang mampu menghitung dengan cepat, mampu menyelesaikan soal perkalian dengan digit banyak hanya dengan hitungan detik saja yang mana orang normal tidak dapat menyelesaikannya dan membutuhkan waktu yang lama.


Itulah penjelasan mengenai pengertian bakat dan minat menurut para ahli. Semoga kalian bisa memahami pengertian bakat dan minat serta contohnya secara umum ya ! Baca juga pengertian atraksi 🙂