PENGERTIAN BASIDIOSPORA


  • Pengertian basidiospora pada jamur itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan basidiospora ?
  • Apa itu basidiospora ? Apa arti kata basidiospora ?
  • Bagaimana proses pembentukan basidiospora ?
  • Apa fungsi basidiospora dan letaknya ?

Pengertian Basidiospora


Pengertian Basidiospora Menurut Para Ahli :

Pengertian basidiospora adalah spora yang dibentuk pada basidium yaitu organ pembentukan spora jamur pada kelas Basidiomycota. Pendek kata basidiospora artinya adalah spora yang dihasilkan atau dibuat oleh jamur Basidiomycota.

Basidiospora dihasilkan oleh basidium dengan cara perkembangbiakan generatif yaitu perkembangbiakan tumbuhan secara kawin atau seksual.

Proses Pembentukan Basidiospora yaitu :

  1. Hifa (+) dan hifa (-) yang berinti haploid (n) berkecambah dari basidiospora. Kedua hifa positif dan negatif ini kemudian akan saling bersinggungan.

Hifa adalah bentuk tubuh jamur yang sesungguhnya. Struktur biologis hifa terdiri dari berkas-berkas halus yang merupakan bagian dari tubuh vegetatif jamur. Hifa akan sangat mudah dilihat dengan mata bila telah membentuk massa yang cukup rapat. Hifa juga akan membentuk beberapa koloni pada sisa-sisa organisme atau bagian tubuh organisme. Haploid adalah individu dengan separuh jumlah genom sel normal dan mempunyai sifat kromosom yang berbeda satu sama lain. Sedangkan pengertian genom adalah keseluruhan informasi genetik yang dimiliki oleh suatu organisme atau sel.

  1. Antara hifa (-) dan hifa (+) terjadi penyatuan (plasmogami) sehingga inti dari satu hifa akan pindah ke hifa lainnya membentuk hifa dengan dua inti haploid (n) yang berpasangan (hifa haploid dikariotik).
  1. Hifa haploid dikariotik tumbuh menjadi miselium haploid dikariotik.

Miselium adalah bagian jamur multiseluler ( banyak sel ) yang dibentuk oleh kumpulan beberapa hifa.

  1. Miselium dikariotik tumbuh dan membentuk badan buah yang disebut basidiokarp
  1. Pada setiap ujung hifa basidiokarp terjadi kariogami, yaitu suatu proses pembuahan dengan bersatunya dua buah inti sel (nukleus). Proses ini membentuk basidium yang berinti diploid (2n). Diploid adalah sebutan untuk individu yang memiliki sel dengan dua set genom dan mempunyai sifat kromosom yang sama.
  1. Inti diploid dalam basidium lalu membelah secara meiosis menjadi empat inti haploid (n). Meiosis adalah proses pembelahan sel yang terjadi pada sel-sel reproduksi secara generatif atau seksual
  1. Basidium membentuk empat tonjolan yang disebut sterigma pada ujungnya.
  1. Satu inti haploid di basidium masuk ke dalam salah satu sterigma dan lama kelamaan akan berkembang menjadi basidiospora.
  1. Apabila basidiospora terlepas dari basidium dan kemudian jatuh pada tempat yang sesuai, maka basidiospora tersebut akan tumbuh menjadi hifa yang haploid yang kemudian berkecambah lagi mengulangi proses yang sama.

Nah itulah penjelasan basidiospora secara singkat. Semoga teman-teman bisa memahami pengertian basidiospora pada jamur secara umum ya ! Baca juga pengertian fikosianin 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *