PENGERTIAN BEDREST


  • Pengertian bedrest total itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan bed rest ?
  • Apa itu bed rest / arti kata bedrest ?
  • Apa arti bedrest saat hamil ?

Pengertian Bed Rest


Pengertian Bedrest Menurut Para Ahli :

Arti bedrest dalam bahasa Indonesia adalah tirah baring. Pengertian bed rest adalah sebuah prosedur perawatan kedokteran yang dilakukan dengan cara memastikan pasien berbaring dan beristirahat di tempat tidur dalam kurun waktu tertentu. Pendek kata, pengertian perawatan bedrest berarti perawatan yang haruskan pasien untuk berbaring di atas tempat tidur.

Bed rest biasanya dilakukan pada pasien yang membutuhkan perawatan akibat sebuah penyakit / kondisi medis tertentu, namun hal ini jarang sekali dilakukan pada pasien yang sangat lemah atau dalam kondisi kritis / sekarat. Meski bukan tergolong berat, namun penyakit yang umumnya diderita oleh pasien yang mendapatkan perawatan bed rest pada umumnya sangat beresiko membuat kondisi pasien menjadi lebih buruk dan semakin sulit untuk disembuhkan.

Lain pula halnya dengan bed rest total. Pengertian bedrest total berarti pasien setiap hari harus terbaring non stop tanpa melakukan aktivitas yang berat. Dalam bed rest total biasanya kondisi kesehatan pasien sudah cukup parah.

Pada umumnya bed rest banyak dilakukan di rumah dan dokter akan melakukan pengawasan secara rutin serta memberi berbagai macam vitamin dan obat yang dapat mempersingkat masa pemulihan. Ada beberapa alasan yang membuat seorang pasien harus menjalani masa bedrest, di antaranya:

  • Kondisi pasien tidak fit dan kurang istirahat

Hal ini biasanya banyak dilakukan pada pasien yang sangat gila kerja dan tidak memperhatikan jam istirahatnya serta asupan makanan yang disantapnya sehari-hari, sehingga pasien tersebut mengalami kondisi kelelahan dan kekurangan vitamin. Dalam kondisi seperti ini, biasanya dokter akan melakukan perawatan selama beberapa hari di rumah sakit dan kemudian memberi wejangan agar pasien tersebut melakukan bed rest selama kurun waktu tertentu di rumahnya.

  • Pasien mengalami kondisi di luar perkiraan dokter

Ini biasanya banyak terjadi pada wanita hamil, di mana pasien mengalami suatu hal yang terjadi di luar kebiasaan ataupun di luar perkiraan dokter mengenai kondisi kandungan pasien itu sendiri. Beberapa alasan yang menjadi penyebab seorang wanita hamil menjalani bedrest adalah:

  1. Kondisi janin terlalu besar, sehingga mulut rahim tidak sanggup menahannya dan hal ini membuat pasien harus melakukan bedrest selama masa kehamilan.
  2. Dalam masa pemulihan, di mana setiap pasien yang baru saja mendapatkan tindakan operasi akan diminta untuk menjalani bedrest selama masa pemulihan berlangsung.

Itulah penjelasan singkat mengenai arti bedrest dan contoh istilah bed rest. Semoga kamu bisa memahami akan pengertian dari bed rest ya ! Baca juga pengertian tampikan 🙂