PENGERTIAN BENANG MERAH


  • Pengertian benang merah itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud benang merah penelitian ?
  • Apa itu benang merah ? Apa arti benang merah ?
  • Apa pengertian benang merah dalam proses belajar mengajar ?

Pengertian Benang Merah


Pengertian Benang Merah Menurut Para Ahli :

Pengertian benang merah adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan atau menghubungkan beberapa faktor yang saling terkait menjadi sebuah kesatuan yang utuh.

Kata benang merah adalah sebuah istilah yang tidak asing lagi bagi pendengaran banyak orang. Jadi dalam konteks ini, kata benang merah bukan merujuk pada seutas / atau sehelai benang yang berwarna merah yang biasa digunakan untuk menjahit atau bermain layang-layang di lapangan.

Benang merah merupakan sebuah istilah yang sering digunakan untuk menjelaskan satu atau beberapa hal yang memiliki sebuah keterikatan, yang mana hal-hal tersebut akan membutuhkan sebuah tindakan / penelusuran tertentu yang dilakukan untuk sebuah kepentingan tertentu. Benang merah bisa juga disamakan dengan sebuah titik terang atau hasil baik yang didapatkan dari sebuah tindakan penelusuran atas suatu hal / peristiwa yang telah terjadi si waktu yang lalu.

Pengertian benang merah penelitian adalah keterkaitan antara rumusan permasalahan dengan hipotes yang tertuang dalam bab I sampai bab akhir, ditandai dengan adanya suatu kesinambungan. Pendek kata, benang merah artinya adalah keterkaitan informasi mulai dari awal sampai akhir penulisan penelitian yang mampu menghasilkan suatu kesimpulan.

Pengertian benang merah dalam proses belajar mengajar adalah titik terang atau pencerahan, dimana proses belajar mengajar yang baik ditandai dengan ditemukannya titik terang suatu pengetahuan oleh para peserta didiknya.

Dalam penggunaannya dan penerapannya di dalam kehidupan sehari-hari, istilah benang merah merupakan satu istilah yang telah cukup dikenal secara luas oleh masyarakat umum. Namun istilah ini pada dasarnya tidak terlalu banyak digunakan dalam percakapan sehari-hari dan hanya terbatas pada komunitas atau wilayah tertentu saja dan pada umumnya digunakan oleh orang dewasa / orangtua. Hal seperti ini banyak terjadi di dalam penggunaan istilah di Indonesia, di mana pada umumnya kata-kata yang berbentuk istilah sangat jarang digunakan oleh kaum muda dan hanya terbatas penggunaannya di ranah orangtua dan wilayah tertentu saja.

Beberapa kalimat di bawah ini adalah contoh penerapan istilah benang merah:

  • Jangan sepelekan apa yang baru saja diungkapkan oleh pamanmu, hal tersebut bisa jadi sebuah benang merah di dalam permasalahan yang sedang kau rasakan saat ini.
  • Berbagai usaha dilakukan oleh kakak beradaik itu, keduanya berharap bisa menemukan benang merah atas kematian kambing jantannya minggu kemarin.
  • Dia berlagak seperti seorang pahlawan saja, namun hingga saat ini tak satupun hasil temuannya bisa dijadikan sebagai benang merah dalam menyelesaikan masalah yang kita hadapi sekarang.

Itulah penjelasan singkat tentang apa artinya benang merah. Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian benang merah secara umum ya ! Baca juga pengertian durasi 🙂