PENGERTIAN BIKAMERAL DAN UNIKAMERAL


  • Pengertian bikameral dan unikameral itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan sistem bikameral ?
  • Apa itu bikameral ? Apa arti unikameral ?
  • Apa perbedaan sistem bikameral dan unikameral ?
  • Apa kelebihan dan kekurangan unikameral dan bikameral ?

Pengertian Bikameral dan Unikameral


Pengertian Bikameral dan Unikameral Menurut Para Ahli :

Bikameral dan unikameral adalah suatu jenis sistem parlemen yang dipakai dalam suatu negara. Pengertian bikameral adalah sistem pemerintahan yang terdiri dari dua kamar yang memiliki fungsi masing-masing, sementara pengertian unikameral adalah sistem pemerintahan yang hanya terdiri dari satu kamar parlemen.

Pengertian bikameral dalam sistem pemerintahan indonesia adalah sistem pemerintahan terdiri dari Majelis Rendah dan Majelis Tinggi, seperti MPR, DPR, Mahkamah Agung dan Mahkamah Konstitusi yang kemudian dalam penerapannya namanya berbeda-beda di negara-negara penganut bikameral. Sementara pada sistem unikameral, fungsi dewan atau majelis legislatif terpusat pada satu badan legislatif tertinggi dalam struktur negara..

Salah satu alasan dan keuntungan suatu negara menganut sistem bikameral adalah adanya kebutuhan akan pentingnya suatu keseimbangan antara pihak eksekutif dan legislatif. Contoh negara yang menggunakan sistem bikameral adalah Amerika Serikat, Inggris, Belanda, dan Indonesia

Sementara negara-negara menganut sistem unikameral dengan pertimbangan masalah keseimbangan kekuatan politik yang sangat kecil dibandingkan kesulitan untuk memecahkannya. Sistem unikameral banyak dianut di negara-negara Asia seperti Singapura, Laos, Vietnam, Libanon, Syiria, dan Kuwait.

Sistem unikameral  juga banyak diterapkan di negara-negara sosialis, sebab sistem bikameral dianggap membawa kepada banyaknya komplikasi, penundaan dan biaya, dengan sedikit kompensasi yang menguntungkan.

Pada perkembangannya, bikameral dibagi lagi menjadi tiga jenis, yaitu bikameral lemah (soft bicameralism) , bikameral kuat (strong bicameralism), dan bikameral sempurna (perfect bicameralism). Soft bicameralism terjadi bila kekuatan salah satu kamar lebih dominan atas kamar lainnya. Strong bicameralism bila keduanya nyaris sama kuat. Sedangkan perfect bicameralism ketika kekuatan diantara kedua kamarnya betul-betul seimbang.

Baik bikameral maupun unikameral memiliki keuntungan dan kerugian dalam penerapannya. Sistem bikameral dipandang dapat mempertimbangkan persoalan secara lebih teliti, dipilih atas dasar yang berbeda sehingga lebih mencerminkan sikap umum dari kehendak rakyat. Bikameral juga menjamin kepentingan tertentu bagi daerah-daerah atau negara bagian di suatu negara.

Dari sisi kerugian, biaya yang dikeluarkan negara bikameral semakin besar, dan seringkali perselisihan antara dua majelis mengakibatkan jalan buntu.

Keunggulan sistem unikameral adalah dari segi biaya yang lebih murah, efisiensi kerja dalam lapangan perundang-undangan yang lebih besar, adanya pertanggungjawaban secara tegas, serta lebih menggambarkan kekuasaan yang langsung dari pemilih (konstituen).

Sementara kerugiannya adalah dalam membicarakan persoalan negara kurang teliti dibandingkan sistem bikameral, kepentingan daerah-daerah juga tidak diwakili secara langsung


Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian bikameral dan unikameral dan contohnya. Nah semoga teman-teman bisa memahami perbedaan bikameral dan unikameral secara umum ya ! Baca juga pengertian destruktif dan konstruktif 🙂