PENGERTIAN BLACK MARKET DALAM EKONOMI


  • Pengertian black market dalam ekonomi itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan black market ?
  • Apa itu black market / arti black market ?
  • Apa keuntungan dan kerugian barang black market ?

Pengertian Black Market Dalam Ekonomi


Pengertian Black Market Menurut Para Ahli :

Pengertian black market dalam ekonomi adalah sektor kegiatan yang terjadi di dalam bidang ekonomi yang berbentuk berbagai macam transaksi ilegal, di mana pembelian dan penjualan yang dilakukan terjadi secara tidak sah menurut aturan dan undang-undang yang telah ditetapkan oleh pemerintah setempat.

Pengertian barang black market adalah barang yang masuk ke suatu negara secara ilegal / tidak resmi yang tidak membayar pajak. Contoh hp black market (BM). Pengertian handphone black market adalah handphone selundupan yang tidak ada stiker Dirjen Postel serta merugikan negara karena tidak dikenakan pajak.

Ada banyak hal yang menjadi penyebab terjadinya black market di dalam sebuah wilayah / negara, beberapa di antaranya seperti poin di bawah ini:

  • Barang-barang yang diperdagangkan adalah jenis barang-barang ilegal yang peredarannya dilarang oleh pemerintah. Contohnya: senjata api, obat-obatan terlarang dan berbagai macam barang kimia yang tidak diperdagangkan secara bebas.
  • Barang-barang yang diperdagangkan adalah barang-barang hasil curian dan tidak memiliki berbagai macam dokumen resmi yang harus dilengkapi dalam sebuah transaksi jual beli.
  • Barang-barang resmi namun memiliki sejumlah ketentuan dan lisensi khusus dari pemerintah, di mana pada umumnya barang ini diperdagangakan di dalam black market demi untuk menghindari sejumlah pajak / cukai yang dipungut oleh pemerintah. Contohnya: rokok, minuman beralkohol, senjata api, dan berbagai macam barang lainnya.
  • Adanya pembatasan / pelarangan perdagangan terhadap barang-barang tertentu yang mana hal ini biasanya tergantung pada kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah di dalam sebuah negara / wilayah.

Black market akan berlangsung secara sembunyi-sembunyi dan terselubung dari kegiatan perdagangan resmi, di mana hal ini telah menjadi sebuah gejala ekonomi yang buruk dan melanda hampir semua negara di dunia. Meski dilakukan berbagai macam penanganan yang serius, namun tetap saja black market marak terjadi di berbagai negara. Bagaimanapun sebuah pelayanan tetap akan berlangsung, selama ada permintaan pasar bukan?

Keuntungan dari black market adalah harga yang murah dan kemudahan dalam mendapatkan barang tertentu yang bisa saja tidak ada di pasar penjualan resmi. Sedangkan kerugiannya adalah kualitas yang tidak terjamin dari barang-barang yang dijual, serta tidak adanya jaminan garansi resmi dari perusahaan produsen barang-barang yang dijual di dalam pasar tersebut.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian black market dan contohnya. Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian black market dalam ekonomi ya ! Baca juga pengertian cukai beserta contohnya 🙂