PENGERTIAN BLOCKING DALAM DRAMA


  • Pengertian blocking dalam drama itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan blocking dalam drama ?
  • Apa pengertian istilah blocking dalam drama ?
  • Apa arti isitilah blocking pada drama ?

Pengertian Blocking Dalam Drama


Pengertian Blocking Dalam Drama Menurut Para Ahli :

Pengertian blocking dalam drama adalah posisi atau kedudukan tubuh seseorang yang sedang membawakan sebuah peran di atas pentas.

Blocking dan positioning dalam drama sangatlah penting dan berpepan besar di dalam kesuksesan sebuah drama yang sedang dipentaskan dan untuk mencapai hal tersebut tentu saja akan dibutuhkan sebuah kerja sama / koordinasi yang baik di antara para pemain drama itu sendiri maupun para kru yang terlibat di belakang panggung.

Pada dasarnya kesuksesan sebuah drama tidak hanya terletak di tangan satu / dua orang pemerannya saja, namun hal ini akan sangat tergantung pada kerja sama yang terjadi di antara semua elemen yang terlibat di dalam sebuah drama, di mana akan sangat penting untuk memastikan bahwa semua bidang terkoordinasi dengan baik dan semestinya.

Blocking panggung yang baik adalah blocking yang dilakukan dengan kemampuan mengontrol posisi tubuh dengan baik, sehingga terlihat alami dan tidak berkesan dipaksakan. Beberapa hal di bawah ini adalah sikap yang harus dimiliki oleh seorang pemeran di dalam melakukan sebuah blocking pada pementasan drama yang baik di atas panggung:

  • Seimbang

Yang dimaksud dengan posisi seimbang adalah di mana kedudukan pemain dan benda-benda pendukung (setting) di atas panggung memiliki proporsi yang pas, artinya keseluruhan isi panggung tidak menumpuk di satu tempat dan menjadikan panggung tersebut menjadi terlihat berat sebelah.

  • Utuh

Blocking yang ditampilkan secara utuh adalah blocking yang menjadi sebuah kesatuan dan berhubungan antara satu dengan yang lainnya, sehingga tidak saling menutupi antara satu dengan yang lainnya.

  • Bervariasi

Di dalam hal ini seorang pemain dituntut untuk bisa menempatkan kedudukannya dengan tepat dan tidak hanya berada di satu titik saja, sehingga perpindahan yang dilakukan dapat mencegah kejenuhan yang dirasakan penonton.

  • Memiliki sebuah titik pusat

Yang dimaksud dengan memiliki titik pusat adalah di mana setiap penampilan yang dilakukan memiliki sebuah titik pusat perhatian yang diharapkan dapat memudahkan penonton untuk mengerti dan menikmati setiap adegan yang sedang berlangsung di panggung.

  • Wajar

Di mana posisi para pemain dan seluruh perlengkapan panggung tidak terlihat dipaksakan dan tampak kaku di hadapan penonton.


Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian blocking dalam drama ya ! Baca juga pengertian nimfa pupa dan imago 🙂