PENGERTIAN BOOKLET DAN LEAFLET


  • Pengertian booklet dan leaflet itu apa sih ?
  • Apa arti kata booklet ? Apakah leaflet itu ?
  • Apa yang dimaksud dengan leaflet ?
  • Apa fungsi booklet atau leaflet ?
  • Apa perbedaan booklet dan leaflet ?

Pengertian Booklet dan Leaflet


Pengertian Booklet dan Leaflet Menurut Para Ahli :

Pengertian booklet adalah sebuah buku kecil yang biasanya akan digunakan untuk mewakili sebuah perusahaan, di mana di dalam buku tersebut berisi rincian produk atau layanan yang diberikan oleh perusahaan yang bersangkutan.

pengertian booklet dan contohnya

Di dalam fungsinya, booklet bisa diumpamakan sebagai sebuah utusan yang membawa pesan penting dari sebuah perusahaan, di mana penampilan dan desain booklet secara keseluruhan akan mewakili gambaran dari perusahaan tersebut. Booklet merupakan solusi yang sangat tepat untuk membantu meningkatkan bisnis perusahaan karena buku itu akan menjelaskan segala hal terkait dengan produk yang dihasilkan oleh perusahaan dengan bantuan gambar. Sebuah booklet yang punya desain dan kualitas yang baik, akan mampu menarik perhatian sejumlah besar klien yang merupakan sebuah faktor penting di dalam perkembangan sebuah perusahaan.

Perbedaan booklet dan leaflet bisa dilihat dari bentuknya dimana booklet berbentuk buku sedangkan leaflet berbentuk selebaran / kertas lipat.

Pengertian leaflet adalah salah satu bentuk publikasi singkat yang mana biasanya berbentuk selebaran yang berisi keterangan atau informasi tentang sebuah perusahaan, produk, organisasi atau bentuk layanan lainnya yang perlu diketahui oleh khalayak umum.

pengertian leaflet dan contohnya

Leaflet biasanya akan berbentuk lembaran kertas berukuran kecil yang mengandung pesan tercetak untuk disebarkan kepada umum yang berisi informasi mengenai suatu hal atau peristiwa yang dirasa penting untuk disebarkan secara luas. Pada dasarnya sebuah leaflet bisa saja terdiri dari beberapa halaman, di mana pada bentuk seperti ini biasanya sebuah leaflet akan dilipat sedemikian rupa sehingga lebih menarik untuk dibaca. Umumnya sebuah leaflet hanya terdiri dari 200-400 karakter / huruf yang ditata dan diselingi dengan beberapa gambar yang menarik. Ukuran sebuah leaflet tidaklah terlalu besar, namun tidak pula begitu keci, yakni sekitar 20-30 cm.

Leaflet dibuat dengan tujuan sebagai ajang promosi bagi sebuah produk atau perusahaan yang mana dalam bentuk fisiknya sebuah leaflet harus habis dinikmati dalam satu kali sapuan mata saja, sehingga tidak dibutuhkan bahasa yang bertele-tele dan panjang di dalam sebuah leaflet. Pada umumnya pesan yang tertuang dalam sebuah leaflet adalah sebuah informasi yang mengandung peristiwa / kejadian tertentu dari sebuah perusahaan. Contoh : leaflet bank Mandiri, leaflet asuransi Prudential dsb.


Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian booklet dan leaflet secara umum ya ! Baca juga pengertian black market dalam ekonomi 🙂