PENGERTIAN BUNDLING


  • Pengertian bundling produk itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan bundling ?
  • Apa arti kata bundling / definisi bundling ?

Pengertian Bundling


Pengertian Bundling Menurut Para Ahli :

Pengertian bundling adalah strategi penjualan yang dilakukan dengan cara menggabungkan dua buah produk atau beberapa buah produk tertentu di dalam sebuah paket penjualan.

Dalam penjualan bundling produk, hanya akan ada satu harga yang ditawarkan untuk keseluruhan produk yang digabungkan, di mana harga tersebut pada umumnya merupakan nilai yang lebih ekonomis / kecil daripada total harga per satuan barang-barang yang dibundling tersebut. Harga ini disebut bundling pricing.

Di dunia fashion, pengertian bundling dalam busana berarti penggabungan beberapa busana menjadi satu, seperti atasan, bawahan dan aksesoris yang biasanya masih dalam satu tema atau satu style.

Di dunia telekomunikasi, pengertian hp bundling berarti harga jual handphone tersebut sudah termasu dengan paket bundling tertentu contohnya dibundling dengan paket internet.

Bundling bukan lagi sebuah hal yang asing di dalam kehidupan masyarakat Indonesia, kita telah banyak mengenal berbagai macam barang yang dijual secara bundling melalui program promosi tertentu yang dilakukan oleh perusahaan.

Beberapa contoh bundling produk di bawah ini merupakan produk yang sering dibundling dan dipasarkan secara luas melalui iklan, baik itu media cetak ataupun media elektronik:

  • Penjualan ponsel dengan paket internet yang disediakan oleh provider tertentu, di mana paket ponsel yang dijual biasanya akan dilengkapi dengan sejumlah penawaran paket internet ataupun paket lainnya yang cukup menarik dari mitra mereka, yakni perusahaan telekomunikasi.
  • Bundling dalam bentuk produk makanan, seperti yang banyak dilakukan oleh restoran cepat saji yang membuat produk bundling dengan produk-produk minuman seperti soft drink ataupun air mineral.

Dari kedua contoh di atas, dapat diambil sebuah kesimpulan bahwa penjualan sistem bundling produk tidak harus selalu melibatkan dua perusahaan yang sama, di mana bundling dapat terjadi di antara dua atau lebih perusahaan yang berbeda namun masih memiliki kepentingan / hubungan yang saling membutuhkan antara satu dengan yang lainnya.

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari penjualan bundling, di antaranya:

  • Meningkatkan angka penjualan produk tertentu yang masa kadaluarsanya sudah dekat, sehingga produk tersebut bisa habis terjual dan tidak terbuang dengan sia-sia.
  • Memaksimalkan penjualan sebuah produk yang kurang populer dan kurang laku di pasaran, hal ini bisa dilakukan dengan cara melakukan bundling terhadap sebuah produk yang populer dan laku, sehingga produk tersebut menjadi sebuah produk yang dikenal dan akan digunakan oleh kalangan masyarakat luas.

Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian bundling product ya ! Baca juga pengertian kondominium 🙂