PENGERTIAN BUNGA DEPOSITO BANK


  • Pengertian bunga deposito bank itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan bunga deposito bank ?
  • Apa itu bunga deposito ? Apa arti bunga deposito ?
  • Apa definisi tingkat suku bunga deposito ?

Pengertian Bunga Deposito


Pengertian Bunga Deposito Bank Menurut Para Ahli :

Pengertian bunga deposito bank adalah sejumlah nilai uang yang harus diberikan bank di masa mendatang kepada nasabah pemilik deposito yang diukur berdasarkan tingkat suku bunga deposito dan jumlah simpanan deposito nasabah. Tingkat suku bunga deposito adalah persentase uang yang akan kita dapatkan dari jumlah total nominal deposito. Cara menghitung bunga deposito adalah dengan mengalikan tingkat suku bunga deposito pertahun dengan jumlah uang simpanan.

Contoh perhitungan bunga deposito bank : Di bulan Januari tahun 2017 Pak Budi mendepositokan uangnya sebesar 500 Juta di Bank BCA selama 1 tahun. Tingkat suku bunga deposito bank BCA untuk nominal >= 500jt < 1Milyar saat ini adalah 5% per tahunnya. Dengan demikian, jumlah bunga deposito bank yang akan didapat Pak Budi pada bulan Januari tahun 2018 mendatang adalah sebesar 5% x 500 Juta = 25 Juta. Namun uang 25 juta itu belum bersih karena masih harus dipotong pajak sebesar 20 %. Sehingga uang yang didapat Pak Budi hanya sebesar 80% x 25 juta = 20 juta saja.


Salah satu jenis investasi yang dipandang sangat menguntungkan dan beresiko rendah adalah deposito. Penyebabnya karena tingkat suku bunga deposito lebih besar daripada tingkat suku bunga tabungan biasa dengan catatan kita tidak dapat mencairkan deposito kapan saja, harus sesuai dengan jangka waktu yang disepakati apakah 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, dan lain sebagainya.

Dikatakan beresiko rendah karena uang yang kita simpan dijamin tidak akan hilang walaupun bank tempat kita menyimpan uang kolaps atau bangkrut. LPS atau lembaga penjamin simpanan menjamin dana yang kita simpan di bank tidak akan hilang dengan beberapa ketentuan seperti nilai deposito kurang dari 2 miliar dan tingkat suku bunga tidak lebih dari 7,5%. Ditambah lagi nilai pokok simpanan tidak akan berkurang seperti apapun perubahan suku bunga di pasaran, berbeda dengan obligasi dan saham.

Dengan mendepositokan atau menyimpan uang di bank dalam jangka waktu tertentu seseorang dapat menerima sejumlah imbalan yang besarnya sesuai dengan tingkat suku bunga yang telah ditetapkan dari jumlah pokok simpanan yang disebut juga dengan bunga deposito bank. Tingkat suku bunga deposito sekitar 3% sampai 7%, bahkan ada bank yang menawarkan tingkat suku bunga hingga lebih dari 9%. Semakin besar nilai simpanan dan semakin lama jangka waktu yang dipilih maka tingkat suku bunga akan semakin besar.

Dengan tingkat suku bunga sebesar ini kita dapat menjaga nilai uang yang dimiliki dari inflasi. Anggaplah kita menyimpan uang dalam bentuk deposito dengan tingkat suku bunga 7%. Kemudian terjadi inflasi 4% maka setidaknya nilai uang kita tidak akan tergerus inflasi bahkan meningkat sebesar 3%. Bandingkan jika tingkat suku bunga simpanan kita 3%, di bawah tingkat inflasi, hal ini  menyebabkan nilai uang yang kita miliki menurun.

Meskipun deposito tidak bisa dicairkan kapan saja akan tetapi ada beberapa bank yang memberikan kemudahan bagi nasabahnya untuk mengambil bunga deposito bank sesuai dengan interval waktu yang ditentukan sehingga nasabah dapat menjadikannya sebagai pendapatan rutin layaknya gaji. Saat ini sudah banyak lho bank yang bisa melakukan penarikan deposito secara bulanan. Bahkan kita juga bisa meminta bank untuk mentransfer bunga deposito tersebut ke rekening yang kita inginkan (beda rekening).


Nah itulah penjelasan singkat mengenai arti deposito bank. Semoga teman-teman bisa memahami pengertian bunga deposito bank & konsep bunga deposito secara umum ya ! Baca juga pengertian money changer 🙂