PENGERTIAN CANDID PHOTOGRAPHY


  • Apa itu candid photography ?
  • Apa arti candid photography ?
  • Apa pengertian candid dalam fotografi ?

Pengertian Candid Photography


Pengertian Candid Photography Menurut Para Ahli :

Pengertian Candid Photography adalah aktivitas pengambilan gambar / foto dengan menggunakan kamera pada objek tertentu tanpa disadari oleh objek tersebut. Dengan demikian hasil foto yang didapatkan cenderung natural dengan ekspresi objek yang sama sekali tidak sadar dengan keberadaan kamera dan seseorang yang sedang melakukan pengambilan gambar terhadapnya.

Pada perkembangannya candid photography semakin banyak digemari orang, terutama mereka yang gemar bersosialisasi di sosial media karena memungkinkan untuk melakukan posting dengan mudah dan dapat menyalurkan hobi photography yang mereka miliki.

Candid photography merupakan seni photography yang spontan dan lebih mengedepankan insting daripada teknikal, karena itu perhatikan beberapa tips yang dapat membantu dalam menyelami candid photography dengan lebih baik lagi :

  • Bawa serta kamera sesering mungkin untuk mendapatkan peluang yang lebih banyak terhadap momen-momen yang bagus untuk dijadikan objek candid photography.
  • Tidak perlu repot dengan teknik lighting dan fitur kamera yang memakan banyak waktu dalam pengaturannya, candid photography adalah kegiatan spontan yang harus dilakukan dalam waktu yang cepat sebelum momennya berlalu / hilang.
  • Matikan flash agar tidak mengganggu aktifitas / privasi objek yang sedang difoto.
  • Biasakan memotret dengan keadaan kamera tidak berada dekat dengan mata, hal ini penting karena dalam candid photography terkadang kita akan dituntut untuk mengambil gambar dalam posisi yang tidak biasa demi mendapatkan momen yang senatural mungkin.
  • Setting kamera pada ISO 400 agar tetap memperoleh gambar yang baik pada saat mengambil gambar pada saat bergerak.

Semoga teman-teman bisa memahami pengertian candid photography secara umum ya ! Baca juga pengertian diktator dan otoriter 🙂