PENGERTIAN CORAK


  •  Apa yang dimaksud dengan corak ?
  • Apa itu corak ? Apa arti corak ?
  • Apa pengertian corak dalam seni rupa ?

Pengertian Corak


Pengertian Corak Menurut Para Ahli :

Pengertian corak adalah sebuah bentuk / wujud dari ungkapan artistik seseorang dalam menggambarkan bentuk-bentuk alami yang disesuaikan dengan cita rasa keindahan di dalam peniruan / penggambarannya.

Pada perjalanan perkembangan sebuah corak tertentu, seorang seniman menemukan suatu bentuk tertentu yang kemudian biasanya akan diikuti / ditiru oleh banyak orang sehingga membentuk isme-isme ( faham / aliran ) tertentu seperti beberapa di bawah ini :

  1. Naturalisme.
    Pengikut dari aliran corak ini pada umumnya mengambil objek alam dalam karya-karya mereka, hal ini dipengaruhi oleh ketertarikan pada kecantikan dan keagungan yang dipilihnya dalam wujud objek yang bagus / indah dan sesuai dengan perasaan batinnya (menurut keindahan alam).
  2. Realisme.
    Pengikut aliran realisme adalah orang-orang yang berusaha membiarkan objek alam seperti apa adanya / sebagaimana penglihatan para seniman sehari-hari terhadap sebuah objek.
  3. Impresionalisme.
    Pengikut setia dari corak impresionalisme biasanya membuat bentuk alamnya intensif sedemikian rupa menurut pandangan subyektifitasnya. Di dalam aliran ini, objek yang berusaha untuk ditampilkan adalah kesan.
  4. Abstrakisme.
    Para pengikut setia dari corak ini adalah mereka yang memandang objek alamnya sebagai medium atau sebagai perantara saja. Pada kenyataannya, dalam aliran abstrakisme apa yang diekspresikan sama sekali lain dari apa yang dilihat dan seringkali tidak berfigur / figuratif.

Dalam perkembangannya, aliran corak ini di jaman sekarang telah terkotak-kotak, seperti : kubisme, pointilisme, surealisme dan sebagainya.


Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian corak dan contohnya secara umum ya ! Baca juga pengertian diversifikasi 🙂