PENGERTIAN DAMPAK MENURUT PARA AHLI


 Apa yang dimaksud dengan dampak positif dan negatif ? Apa itu dampak ? Apa arti kata dampak ? Apa definisi dampak ?


Pengertian Dampak


Pengertian Dampak Menurut Para Ahli :

Definisi dampak adalah akibat, imbas atau pengaruh yang terjadi (baik itu negatif atau positif) dari sebuah tindakan yang dilakukan oleh satu / sekelompok orang yang melakukan kegiatan tertentu.

Dalam kehidupan kita sehari-hari, kata dampak merupakan kata yang telah lazim digunakan dalam masyarakat luas dan hampir familiar di semua tataran usia. Penggunaan kata dampak biasanya dibarengi dengan imbas akhir yang disampaikannya di dalam kalimat dan masyarakat secara luas pada umumnya menggunakannya dengan pengelompokan seperti di bawah ini:

  1. Dampak Positif.

Ini adalah akibat baik / pengaruh menguntungkan yang didapatkan dari berbagai hal atau peristiwa yang terjadi, seperti contoh beberapa kalimat di bawah ini:

  • Keamanan nasional yang kondusif selama beberapa pekan terakhir telah membawa dampak yang baik bagi pertumbuhan ekonomi kita.
  • Pemberian imunisasi pada bayi akan berdampak baik bagi kesehatan dan sistem imun mereka di waktu yang akan datang.
  1. Dampak Negatif.

Dalam hal ini pengaruh atau akibat yang dihasilkan dari kata dampak adalah merugikan dan cenderung memperburuk keadaan, seperti beberapa contoh kalimat ini:

  • Kekeringan panjang dan asap yang tidak kunjung berakhir ini adalah dampak keserakahan kita yang selalu rajin membakar dan menjarah hutan dengan sembarangan.
  • Kelak kau akan menyesal, setelah kau rasakan dampak keburukan yang ditinggalkan obat-obatan terlarang yang telah kau konsumsi selama ini datang menyerang.

Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian dampak secara umum ya ! Baca juga pengertian pemberdayaan masyarakat 🙂