PENGERTIAN DEDIKASI


  • Pengertian dedikasi itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan dedikasi dan loyalitas ?
  • Apa itu dedikasi ? Apa arti kata dedikasi ?
  • Apa pengertian dedikasi tinggi ?
  • Apa pengertian dedikasi guru ?

Pengertian Dedikasi


Pengertian Dedikasi Menurut Para Ahli :


Ada banyak sekali contoh orang yang berdedikasi tinggi dalam berbagai bidang yang dapat kita jadikan panutan. Salah satunya dokter Lo Siaw Ging yang berasal dari Solo. Masyarakat kota Solo pasti mengenal sosok ini. Seorang dokter yang sangat berdedikasi dengan profesinya sebagai dokter. Beliau akan mengobati siapa pun datang tanpa membeda-bedakan pasiennya. Baik orang kaya atau orang miskin akan dilayani dengan baik. Dalam mengobati pasiennya pun beliau tidak pernah menetapkan tarif. Bahkan jika yang datang benar-benar tidak punya uang untuk menebus obat beliau juga bersedia membantu. Dokter Lo menunjukkan pada kita bagaimana dedikasinya sebagai dokter.

Dalam bidang seni peran ada aktris Meryl Streep yang mendedikasikan hidupnya untuk dunia akting. Ia dikenal sebagai aktris yang sangat total dalam perannya. Setiap karakter ia mainkan secara total mulai dari penampilan sampai aksen berbicara. Penampilannya di tiap film bisa berubah drastis. Begitupula dengan aksen bicaranya, bahkan ia sampai kursus bahasa untuk mendapatkan aksen berbicara yang pas. Dedikasinya yang tinggi berbuah manis dengan banyaknya penghargaan yang ia peroleh dalam dunia perfilman.

Lantas apa sebenarnya dedikasi itu ?

Pengertian dedikasi adalah suatu pengorbanan pikiran, tenaga dan waktu untuk mewujudkan keberhasilan suatu usaha yang memiliki tujuan mulia. (Toto : 2014) 

Pengertian dedikasi tinggi adalah pengorbanan penuh baik ketika berhasil ataupun gagal yang dituangkan ke dalam sikap dan rasa keinginan yang kuat, keberanian, serta keikhlasan yang akan menuntunnya kembali bangkit menuju kesuksesan. Orang yang berdedikasi tidak akan mudah mundur begitu saja hingga tujuan dan target yang diinginka tercapai (Bahrul : 2010)

Dedikasi merupakan kata benda yang artinya pengorbanan tenaga, pikiran, dan waktu untuk menggapai keberhasilan suatu usaha atau tujuan mulia. Atau bisa juga disebut pengabdian. Seseorang disebut berdedikasi ketika ia bersedia mengorbankan semua yang ia miliki agar usaha atau tujuan mulianya tersebut tercapai.

Mengapa seseorang bisa bersedia mengorbankan apa yang ia miliki untuk keberhasilan usaha atau tujuannya? Ada banyak hal yang melatarbelakangi hal ini diantaranya kecintaan terhadap bidang yang ia geluti sehingga ia bersedia mengabdikan hidupnya untuk keberhasilan usahanya. Bisa juga karena didikan dari gurunya agar mengabdikan hidupnya untuk kebaikan seperti yang dilakukan dokter Lo di atas.

Hal penting yang patut kita perhatikan bahwa dedikasi selalu ditujukan untuk usaha atau tujuan yang mulia atau baik. Bila seseorang mengorbankan semua yang ia miliki untuk tujuan yang tidak baik, hal ini tidak dapat disebut dedikasi. Contohnya seseorang yang mengabdikan hidupnya untuk berbuat jahat seperti balas dendam kepada orang yang telah menyakiti keluarganya. Hal ini tidak benar dan tidak boleh dicontoh.

Pengertian dedikasi kerja adalah dedikasi yang diwujudkan dalam sikap bekerja giat, mengikuti aturan dan mengambil inisiatif. (Suwito : 2005)

Pengertian dedikasi guru adalah dedikasi yang dilakukan oleh guru yang diwujudkan dalam sikap yang ikhlas dalam mengerjakan dan mengemban tugasnya. Apabila terjadi kesulitasn di dalam pekerjaannya, maka ia tidak akan mudah untuk mengeluh apalagi mengalah. Guru yang mempunyai dedikasi yang tinggi, berarti dia bekerja bukan karena terpaksa, apalagi dengan motif mencari uang. Guru yang berdedikasi tinggi berfokus untuk meningkatkan pengetahuan keguruannya dan memberikan perhatian yang penuh dalam segala kegiatannya.

Dedikasi berbeda dengan loyalitas dimana pengertian loyalitas adalah kesetiaan suatu individu terhadap sesuatu hal yang tidak hanya berupa kesetiaan fisik semata, akan tetapi lebih kepada kesetiaan yang bersifat non fisik seperti pikiran dan perhatian (Tommy : 2010). Pendek kata, loyalitas itu poin utamanya adalah kesetiaan sedangkan dedikasi itu adalah pengorbanan.


Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian arti dedikasi. Semoga teman-teman bisa memahami pengertian dedikasi dan loyalitas ya ! Baca juga pengertian bakat menurut para ahli 🙂