PENGERTIAN DEJAVU


  • Pengertian dejavu itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan dejavu ?
  • Apa itu dejavu ? Apa arti kata dejavu ?
  • Apa apa penyebab terjadinya deja vu ?

Pengertian Dejavu


Pengertian Dejavu Menurut Para Ahli :

Pengertian dejavu adalah sebuah pikiran yang menipu dimana kita merasa yakin telah pernah mengalami suatu hal / sebuah peristiwa yang sama dengan yang kita rasakan saat ini, atau dengan kata lain dapat dikatakan bahwa dejavu akan membawa kita pada sebuah perasaan yang berulang. Lawan dejavu adalah amnesia.

Pendea kata, pengertian dejavu adalah merasa familiar padahal tidak ingat sedangkan amnesia sama sekali tidak ingat padahal terasa familiar.

Penyebab dejavu (bagi beberapa orang) antara lain :

  • Sering kurang memperhatikan orang atau sesuatu dengan mendetail sehingga menggangap beberapa hal sama padahal sebenarnya berbeda.
  • Terlalu sering melihat orang lalu lalang secara sekilas, telalu banyak menonton film TV dsb tanpa disertai analisa lebih mendalam (menyepelekannya).
  • Sering berkhayal atau bisa mengingat mimpi secara jelas sehingga membuat imajinasi menjadi tinggi yang memicu kaburnya pembeda dunia nyata dan khayal.
  • Untuk kondisi tertentu disebabkan oleh berkurangnya atau rusaknya beberapa sensor otak.

Déjàvu adalah sesuatu hal yang biasa di kalangan anak muda. Dejavu banyak terjadi pada orang yang terkena gangguan epilepsi, sakit, letih atau merasa tertekan.

Dejavu bisa saja dialami oleh semua orang dan tidak ada aturan tertentu yang akan membuat orang mengalami dejavu, di mana hal ini bisa saja terjadi kapan saja dan di mana saja. Tanggapan atau respon setiap orang bisa saja sangat berbeda terhadap perasaan dejavu karena reaksi setiap orang terhadap berbagai macam hal yang dialaminya akan selalu berbeda dan tidak sama antara satu dengan yang lainnya. Namun pada umumnya seseorang yang mengalami dejavu akan diakhiri dengan berbagai macam perasaan, seperti: perasaan familiar yang sangat kuat, takut, bingung, perasaan aneh dan rasa khawatir yang tidak menentu.

Meski tergolong bukan hal yang berbahaya, namun dejavu bisa saja menjadi sebuah pengalaman yang buruk dan menakutkan bagi beberapa orang, di mana hal ini bisa menimbulkan semacam trauma atau ketakutan yang berlebihan, terutama bagi mereka yang mengalami sedikit sekali interaksi sosial dengan lingkungannya. Dalam beberapa kasus tertentu, dejavu bisa saja diakhiri dengan berbagai macam keluhan yang cukup serius, di mana orang yang mengalaminya akan merasakan perasaan tertekan dan kebingungan yang tidak dapat dijelaskan.

Bagi beberapa orang lainnya, dejavu justru bisa saja menjadi sebuah hal yang menyenangkan. Meski kebingungan, namun sebagian orang akan menanggapi hal ini sebagai hal biasa dan menjadi momen untuk kembali megingat dan menimbang-nimbang kemampuan otaknya untuk merekam kembali dan menyimpan informasi yang pernah dialami, di mana orang-orang yang mengalami dejavu akan mencoba mereka ingatannya akan kebenaran perasaan yang sedang dialaminya.

Bukan sebuah hal yang buruk, namun cukup serius bagi beberapa orang, itulah dejavu. Setiap orang akan memiliki tanggapan / respon yang unik saat mengalami dejavu dan hal tersebut akan menjadi berbahaya bila seseorang terlalu takut / khawatir saat mengalaminya.


Itulah penjelasan singkat mengenai arti dejavu / pengertian dari de javu. Semoga teman-teman bisa memahami pengertian dejavu dan rahasia dibalik dejavu ya ! Baca juga pengertian booklet dan leaflet 🙂