PENGERTIAN DEPOSISI


  •  Apa yang dimaksud dengan deposisi ?
  • Apa itu deposisi ? Apa arti deposisi ?
  • Apa pengertian deposisi asam dalam geografi ?
  • Apa pengertian deposisi kering dan deposisi basah ?
  • Apa contoh deposisi dalam kehidupan sehari-hari ?

Pengertian Deposisi


Pengertian Deposisi Menurut Para Ahli :

Pengertian deposisi adalah proses terjadinya pengkristalan yang disebabkan oleh sebuah proses mengerasnya atau membekunya suatu benda yang memiliki zat – zat tertentu dan memiliki unsur – unsur zat yang memungkinkan terjadinya perubahan warna di saat mengeras (mengkristal).

Contoh dari proses deposisi adalah terjadinya hujan asam yang dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu: Deposisi Kering dan Deposisi Basah.

Deposisi kering

Deposisi kering adalah sebuah peristiwa terpaparnya benda dan mahluk hidup oleh asam yang terkandung di dalam udara bebas. Hal Ini banyak terjadi di sekitar daerah perkotaan yang tingkat pencemaran udaranya akibat kendaraan maupun asap pabrik sangat tinggi. Selain di daerah perkotaan, deposisi kering juga dapat terjadi di wilayah perbukitan yang terkena angin yang membawa udara yang telah terpapar asam. Pada umumnya deposisi kering terjadi di wilayah yang dekat

Deposisi basah.

Deposisi basah adalah proses turunnya asam dalam bentuk hujan yang terjadi akibat adanya asap di dalam udara larut pada butir-butir air di awan. Jika awan tersebut turun ke bumi dan menjadi hujan, maka air hujan yang turun bersifat asam. Deposisi asam juga bisa terjadi karena hujan turun melewati udara yang mengandung asam dan akhirnya mengakibatkan asam tersebut ikut larut ke dalam air hujan dan turun ke bumi. Deposisi basah dapat terjadi meskipun sangat jauh dari sumber pencemaran. Pada kenyataannya secara alami hujan memiliki sifat asam karena Karbon Dioksida (CO2) di udara yang larut pada saat terjadinya proses hujan memiliki bentuk sebagai asam lemah.


Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian deposisi dan contohnya secara umum ya ! Baca juga pengertian kompetensi dasar 🙂