PENGERTIAN DESKRIPSI DAN CONTOHNYA


  • Pengertian deskripsi pekerjaan itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan deskripsi teks ?
  • Apa itu deskripsi ? Apa arti kata deskripsi ?
  • Apa pengertian deskripsi jabatan ?

Pengertian Deskripsi dan Contohnya


Pengertian Deskripsi Menurut Para Ahli :

Salah satu buku kesukaan saya adalah novel Harry Potter. Semua seri dari pertama sampai akhir sangat memuaskan. Novel ini mendeskripsikan kehidupan di sekolah sihir dengan baik. Karakter-karakter dalam novelnya digambarkan dengan detail sehingga saya bisa mengimajinasikan bagaimana sosoknya, gaya bicaranya, sifatnya, dan lain-lain. Saya juga bisa membayangkan suasananya sekolahnya bahkan perasaan Harry ketika momen-momen penting terjadi, salah satunya ketika orang terdekatnya meninggal.

Buku cerita lainnya yang sangat saya suka adalah Bumi Manusia karya sastrawan Indonesia Pramoedya Ananta Toer yang menceritakan kehidupan anak pribumi pada masa kolonialisme belanda. Di buku ini dideskripsikan dengan baik bagaimana kehidupan yang dialami tokoh Minke, anak pribumi yang bersekolah di HBS, sekolah bagi orang-orang keturunan eropa dan anak-anak pribumi yang orangtuanya merupakan pejabat atau bangsawan. Dengan membaca buku ini menyadarkan saya betapa beruntungnya kita yang bisa sekolah dengan mudah, bahkan dengan adanya internet kita bisa mempelajari banyak hal.

Tulisan yang baik adalah tulisan yang dapat mendeskripsikan sesuatu dengan pas sehingga pembaca memahami dengan baik bahkan seolah-olah melihat dan ikut masuk ke dalam suasana yang digambarkaan dalam tulisan tersebut. Tidak terlalu dangkal sehingga pembaca tidak bisa memahami apa yang digambarkan dengan baik atau terlalu panjang lebar dan bertele-tele sehingga pembaca merasa bosan.

Dari tadi kita sudah membicarakan deskripsi, lantas apa itu deskripsi ?

Pengertian deskripsi adalah tulisan yang bisa melukiskan sebuah kisah. Tujuan deskripsi adalah untuk mengajak pembaca untuk bisa memahami, merasakan dan menikmati objek yang dibicarakan seperti orang, suasana hati, aktivitas dsb (Tarigan :1994)

Definisi deskripsi adalah bentuk wacana yang berusaha menyajikan suatu hal atau objek pembicaraan yang membuat objek tersebut seakan-akan para pembaca melihat sendiri objek tersebut atau seolah-olah berada di depan mata kepala para pembaca (Keraf : 1995) 

Arti deskripsi adalah memberikan penguraian atau melukiskan (Wiyanto : 2004)

Pendek kata, pengertian deskripsi adalah pemaparan ataupun penggambaran dengan kata-kata secara jelas serta terperinci. Deskripsi bisa juga disebut juga dengan uraian. Dengan membaca sebuah tulisan jenis deskripsi membuat kita memahami suatu kondisi, keadaan, atau hal lainnya dengan baik seolah-olah kita melihat atau mengalami secara langsung apa yang diceritakan.

Contoh paragraf deskripsi singkat tentang ibu :

Ibuku berumur 61 tahun. Rambutnya putih lurus terjuntai sampai ke pundak. Walaupun sudah tua renta namun ia selalu bersemangat tiap harinya. Senyumannya masih saja manis walaupun kini dihiasi dengan gigi ompongnya. Kulitnya sudah tak kencang lagi namun tetap saja masih bisa menggoda dan menarik perhatian ayahku.

Apakah semua tulisan harus berbentuk deskripsi ? Tidak juga. Ada tulisan yang sebaiknya dibuat dalam bentuk deskripsi, ada pula yang lebih cocok dibuat dalam bentuk narasi, eksposisi, argumentasi, atau persuasi. Penulis harus dapat menentukan jenis tulisan yang akan dibuat sesuai dengan tujuannya apakah ingin menceritakan suatu kejadian, memberikan informasi, mengemukakan pendapat dan fakta, atau ingin meyakinkan pembaca tentang suatu hal.

Di dunia kerja kita mengenal istilah deskripsi pekerjaan / deskripsi jabatan. Pengertian deskripsi pekerjaan menurut para ahli antara lain sebagai berikut :

Pengertian deskripsi pekerjaan adalah pernyataan tertulis yang meliputi wewenang, tugas, tanggung jawab, serta hubungan-hubungan lini baik ke bawah maupun ke atas dari suatu pekerjaan tertentu. (Ardana, Mujiati, dan Utama :2012)

Definisi deskripsi pekerjaan adalah catatan yang sistematis serta teratur yang memuat tugas dan tanggung jawab suatu pekerjaan / jabatan tertentu yang melingkupi apa, mengapa, bagaimana, kapan dan dimana pekerjaan tersebut dilaksanakan, dan seperti apa kualifikasi orang yang menduduki jabatan tersebut. (Sedarmayanti : 2009)

Pengertian deskripsi jabatan adalah pernyataan tertulis mengenai apa yang harus dilaksanakan oleh pelaksana jabatan dan bagaimana pekerjaan tersebut dilakukan serta mengapa tersebut dilakukan. (Rivai : 2009)


Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian deskripsi secara umum ya ! Baca juga pengertian dedikasi 🙂