PENGERTIAN DILEMA


  • Pengertian dilema cinta itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan dilema ?
  • Apa itu dilema ? Apa arti kata dilema ?
  • Apa pengertian dilema etis atau moral ?
  • Apa pengertian dilema moral ?

Pengertian Dilema


Pengertian Dilema Menurut Para Ahli :

Hampir semua orang pernah merasakan dilema dalam hidupnya. Mulai dari remaja sampai orangtua pernah merasakannya. Penyebab munculnya dilema ini pun bermacam-macam, bisa dari masalah pekerjaan, keluarga, hubungan pertemanan, pasangan, dan masih banyak lagi.

Kalau anak remaja mungkin merasakan dilema seputar masalah sekolah, hubungan pertemaanan, percintaan, dan lain-lain. Contoh dilema cinta yang paling klise adalah seorang gadis yang saling jatuh cinta dengan pacar sahabatnya. Jika ia memilih sang lelaki tentu saja persahabatannya akan hancur, akan tetapi jika ia menjauhi sang lelaki maka hatinya yang akan terluka. Kedua pilihan sulit ini membuat gadis tersebut menjadi dilema.

Lain lagi dengan orang yang sudah dewasa, biasanya yang menjadi dilema adalah seputar masalah pasangan hidup, keluarga, pekerjaan, dan lain-lain. Contohnya seorang wanita karir yang harus memilih antara keluarga dan pekerjaannya. Ia merasa harus ikut membantu keuangan keluarga dengan bekerja akan tetapi harus rela kehilangan waktu dengan anak-anaknya. Sementara jika ia berhenti bekerja dan mengurus anak-anaknya maka keuangan keluarga akan mengalami kesulitan. Sangat sering kita temui orang-orang yang mengalami dilema seperti ini.

Setiap mendengar kata dilema yang muncul di pikiran kita adalah perasaan galau, bimbang, bingung, pokoknya sesuatu yang tidak enak. Tapi apa sebenarnya pengertian dilema itu sendiri ?

Pengertian dilema adalah pilihan sulit yang sama-sama tidak mengenakkan untuk dipilih. Menurut kamus besar bahasa Indonesia dilema adalah situasi sulit dimana seseorang harus menentukan pilihan antara dua pilihan atau kemungkinan yang sama-sama tidak menguntungkan atau tidak menyenangkan. Bisa juga dikatakan sebagai situasi yang sulit dan membingungkan.

Pengertian dilema etik adalah situasi di mana para pekerja profesional harus memilih antara dua pilihan atau lebih yang relevan, namun pilihan tersebut bertentangan secara arahan etika. Pendek kata setiap alternatif pilihan akan menghasilkan hasil yang tidak diinginkan untuk satu orang atau lebih. (Gunz dan McCutcheon : 2002)

Definisi dilema etik adalah dilema dimana terdapat alternatif pilihan yang tidak memuaskan secara sebanding. (Thompson :1985)

Pengertian dilema etik dalam keperawatan adalah dilema atas tindakan yang harus diputuskan oleh perawat dalam mengobati, merawat dan menangani kasus pasien dengan tidak mengesampingkan nilai yang dipegang oleh keluarga. Contoh kasus dilema etik : Pasien terkena penyakit ganas stadium akhir dimana dia hidup mungkin tidak sampai 1 tahun lagi. Pihak keluarga melarang perawat memberitahu si pasien padahal si pasien tersebut berhak untuk tahu.

Pengertian dilema moral adalah situasi yang menghadapkan seseorang ke dalam dua pilihan namun tidak satupun dari pilihan tersebut bisa dianggap sebagai jalan keluar yang tepat. (Campbell : 1984)

Pengertian dilema sosial adalah kondisi yang menempatkan kepentingan pribadi individu berhadapan dengan kepentingan bersama. (Van. Vugt : 2002)

Dilema mengharuskan seseorang bijak memilih diantara pilihan sulit, yang mana yang paling sedikit keburukannya karena semua pilihan sama-sama tidak menguntungkan. Atau apakah ada pilihan lain yang memungkinkan dalam menghadapi masalah yang muncul.

Seperti pada kasus wanita karir di atas. Bisa saja ia mencari alternatif lain seperti bekerja di rumah yang banyak dilakukan orang pada saat ini. Bisa dengan membuat usaha pembuatan kue di rumah, bekerja secara remote atau jarak jauh di suatu perusahaan, atau mencari pekerjaan-pekerjaan yang bisa dilakukan lewat internet. Dengan bekerja dari rumah ia tetap bisa memperhatikan anak-anak sekaligus menambah pendapatan keluarga.


Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian dilema secara umum ya ! Baca juga pengertian destinasi 🙂