PENGERTIAN DIMENSI MENURUT PARA AHLI


  • Pengertian dimensi sosial itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan dimensi ?
  • Apa itu dimensi ? Apa arti dimensi ?
  • Apa pengertian dimensi sikap ?
  • Apa pengertian dimensi sosial menurut pakar ?

Pengertian Dimensi


Pengertian Dimensi Menurut Para Ahli :

Dimensi merupakan kata yang sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar orang. Dalam pelajaran matematika kita mengenal bangun datar dua dimensi yang memiliki ukuran panjang dan lebar seperti bujur sangkar, persegi panjang, trapesium, segitiga, dan lain-lain. Ada juga bangun ruang tiga dimensi yang memiliki ukuran panjang, lebar, dan tinggi seperti balok, kubus, bola, tabung, kerucut, dan lain-lain. Dalam teknologi perfilman pun kita juga sering mendengar istilah film tiga dimensi atau 3D dimana menyaksikan film dengan teknologi tiga dimensi membuat film terlihat lebih nyata dan kita seolah-olah ikut masuk ke dalam film tersebut.

Jika merujuk pada kamus besar bahasa Indonesia, pengertian dimensi adalah ukuran yang mencakup panjang, lebar, tinggi, luas, dan lainnya. Definisi dimensi juga bermakna salah satu aspek yang meliputi atribut, elemen, item, fenomena, situasi atau faktor yang membentuk suatu entitas.

Ada beberapa jenis dimensi yang kita kenal diantaranya dimensi nol, dimensi satu, dimensi, dua, dan seterusnya bahkan sampai dimensi sepuluh. Adapun pengertian dimensi dalam seni rupa antara lain sebagai berikut :

  • Dimensi nol artinya sesuatu yang belum memiliki ukuran, hanya berupa sebuah titik yang memiliki posisi tertentu tanpa ukuran.
  • Jika kita memiliki dua buah titik maka kita dapat menghubungkan kedua buah titik itu menjadi sebuah garis, garis inilah yang disebut dimensi satu karena sudah memiliki satu ukuran yaitu panjang.
  • Dimensi dua sudah memiliki dua jenis ukuran yaitu panjang dan lebar, contohnya dapat kita lihat pada bangun datar seperti persegi panjang.
  • Pengertian dimensi tiga adalah dimensi yang selain memiliki ukuran panjang dan lebar, juga memiliki ukuran tinggi atau kedalaman seperti yang dapat kita lihat pada bangun ruang balok. Karena sudah memiliki ukuran kedalaman maka sesuatu yang digambarkan dalam dimensi tiga sudah memiliki volume atau isi. Dimensi tiga inilah yang umumnya kita kenal dalam kehidupan sehari-hari.

Selain untuk menunjukkan ukuran sesuatu, istilah dimensi juga bisa digunakan untuk menunjukkan sisi, bagian, aspek, atau sudut pandang sesuatu. Misalnya istilah dimensi hukum yang maksudnya segi hukum yang menjadi fokus peninjauan. Ada juga istilah dimensi kebudayaan, dimensi moral, dimensi sejarah, dan lain-lain.

Pengertian dimensi sikap adalah konflik yang tak telihat dan terlembagakan dalam kultur seperti toleransi, persepsi, dan nilai. Pendek kata, arti dimensi sikap adalah dimensi yang dinilai dari reaksi seseorang untuk menolak ataupun menerima suatu obyek (Doeced & Weber : 2007)

Pengertian dimensi sosial adalah dimensi yang mencakup budaya, politik, pendidikan, dan ekonomi. (Tommy F. Awuy : 1996)

Arti dimensi sosial menurut Holmes adalah jarak, status sosial, kedekatan dan formalitas.

Definisi dimensi sosial adalah tiga macam dimensi yang mempunyai pengaruh di kehidupan nyata yaitu dimensi fisik, dimensi psikis dan dimensi metafisik yang mana dimensi ini turut serta dalam menentukan kepribadian manusia sebagai sebuah kesatuan. (Kantor Menteri Negara Lingkungan Hidup : 2002)

Pengertian dimensi dalam penelitian adalah indikator ataupun variabel yang dikaji di dalam suatu penelitian yang bertujuan untuk memberikan arahan mengenai pengukurannya. Pendek kata, arti dimensi penelitian adalah variabel-variabel yang penting di dalam penelitian dan variabel tersebut mempunyai hubungan dengan variabel lainnya.

Pengertian dimensi demografi adalah dimensi yang mencakup struktur, ukuran, dan distribusi penduduk, serta juga termasuk kematian, kelahiran, migrasi dan penuaan pada suatu populasi kependudukan.

Pengertian dimensi mutu / pengertian dimensi kualitas menurut Philip Kotler adalah sebagai berikut :

  • Performance / kinerja
  • Feature / ciri ciri tambahan produk
  • Reliability / kehandalan produk
  • Conformance to specifications / kesesuaian dengan spesifikasi
  • Serviceability / kemampuan melayani
  • Durability / daya tahan
  • Estethic / bagaimana pandangan orang terhadap produk
  • Perceived quality / ketepatan kualitas yang dipersepsikan

Pengertian dimensi realitas adalah nilai-nilai dasar yang terdapat pada sebuah ideologi dan bersumber dari budaya dan pengalaman sejarah bangsa atau masyarakatnya. (dimensi realitas menurut dr.alfian)


Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian dimensi secara umum ya ! Baca juga pengertian dilema 🙂