PENGERTIAN DIVISI


  •  Apa yang dimaksud dengan divisi ?
  • Apa itu divisi ? Apa arti divisi ?
  • Apa pengertian divisi dalam organisasi ?
  • Apa pengertian divisi dalam perusahaan ?

Pengertian Divisi


Pengertian Divisi Menurut Para Ahli :

Pengertian divisi adalah sebuah kelompok atau satuan di dalam sebuah organisasi. Pengertian divisi dalam biologi berarti kelompok dalam suatu klasifikasi atau taksonomi sebuah organisme hewan ataupun tumbuhan yang seringkali disebut dengan Filum / Phylum. Sedangkan dalam suatu organisasi tertentu, divisi berarti sub bagian dari suatu bidang.

Dalam penggunaannya kata divisi memiliki fungsi kata yang hampir sama meskipun memiliki defenisi yang berbeda. Berikut ini adalah penggunaan kata divisi dan pengertiannya dalam berbagai bidang:

  1. Divisi militer.

Divisi militer adalah kelompok unit satuan tempur militer yang berkekuataan penuh dan terdiri dari 10.000 – 15.000 orang personil tentara.

Divisi militer memiliki kesatuan tempur yang terdiri dari Invanteri, Kavaleri dan Artileri. Divisi ini juga memiliki unsur bantuan tempur yang disebut Zeni perhubungan dan peralatan, serta unsur bantuan administrasi yang meliputi: perbekalan, angkutan, kesehatan dan polisi militer.

  1. Divisi sepak bola.

Divisi sepak bola adalah tingkatan / level dalam dunia sepak bola di sebuah negara atau wilayah tertentu yang ditentukan oleh prestasi dan kemampuan finansial sebuah klub yang akan menjadi anggota / pesertanya. Divisi juga akan membuat semacam pengelompokan terhadap klub-klub dan turnamen-turnamen yang akan dilaksanakan di dalam sebuah negara / wilayah.

Contoh divisi dalam sepak bola adalah: divisi utama liga Spanyol, divisi utama liga Inggris.

  1. Divisi perusahaan

Divisi perusahaan adalah bagian-bagian di dalam perusahaan yang menangani satu bidang tertentu dan memiliki fungsi dan kewenangan masing-masing. Pendek kata, divisi dalam perusahaan sering diartikan sebagai unit bisnis. Divisi di dalam perusahaan dipimpin oleh kepala divisi bagian (manajer) yang bertugas untuk menjalankan dan melakukan pengawasan terhadap divisi yang dipimpinnya.

Contoh divisi dalam perusahaan adalah : divisi penjualan, divisi pembelian dan divisi keuangan.


Semoga teman-teman bisa memahami pengertian divisi dan contohnya secara umum ya ! Baca juga pengertian gertak sambal 🙂