PENGERTIAN DOKTER OBGYN


  • Pengertian dokter obgyn itu apa sih ?
  • Apa itu dokter obgyn / definisi dokter obgyn ?
  • Apa arti dokter obgyn ? Apa tugas dokter obgyn ?

Pengertian Dokter Obgyn


Pengertian Dokter Obgyn Menurut Para Ahli :

Pengertian dokter obgyn adalah dokter spesialis kandungan dan kebidanan yang memiliki gelar resmi Sp.OG, kepanjangan obgyn adalah Obstetric dan Gynecology dan lebih dikenal secara luas oleh masyarakat dengan panggilan dokter spesialis kandungan. Pendek kata, pengertian dokter spesialis obgyn adalah dokter spesialis kandungan.

Obstetric adalah sebuah cabang ilmu bedah di kedokteran yang secara khusus mempelajari tata cara perawatan / penanganan terhadap ibu dan janin selama masa kehamilan dan dilanjutkan selama proses melahirkan serta penanganan setelah periode melahirkan.

Sedangkan gynecology merupakan sebuah cabang ilmu di kedokteran yang secara khusus mempelajari tentang berbagai macam penyakit-penyakit yang terjadi di dalam sistem reproduksi seorang wanita, hal ini mencakup area: rahim, vagina dan ovarium.

Pada umumnya profesi dokter obgyn lebih banyak atau hampir seluruhnya didominasi oleh kaum pria. Hal ini diakibatkan oleh beberapa faktor, seperti:

  • Waktu tempuh pendidikan yang cenderung panjang

Untuk mendapatkan gelar spesialis dokter kandungan dibutuhkan waktu kuliah yang cukup panjang. Seorang dokter yang telah meraih gelar dokter umum dan telah menempuh masa kuliah antara 5-7 tahun, harus kembali menempuh masa kuliah selama 5-7 tahun untuk mendapatkan gelar dokter spesialis kandungan.

  • Persaingan yang ketat

Di Indonesia saat ini hanya terdapat 16 universitas saja yang menyediakan jasa pendidikan dokter spesialis, hal ini tentu saja menimbulkan persaingan yang sangat ketat bagi para calon dokter spesialis, karena ada ribuan dokter umum yang memburu peluang untuk mendapatkan gelar spesialis tersebut.

  • Persyaratan yang rumit

Ada banyaak test yang harus dijalani saat akan melanjutkan pendidikan dokter spesialis, seperti: tes tertulis, tes wawancara, tes kesehatan fisik dan mental serta beragam tes lainnya. Selain itu, seorang calon pendaftar pendidikan dokter spesialis juga harus memiliki skor TOEFL di atas 500.

  • Masa pendidikan yang sangat berat

Selain waktu tempuh kuliah yang cukup lama, beragam kegiatan dan tugas yang harus dilakukan seorang mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan dokter spesialis juga tergolong sangat berat dan melelahkan. Ada banyak tugas dan laporan kasus yang harus diselesaikan dan waktu jaga selala 24 jam penuh adalah sebuah kewajiban lainnya yang harus dipenuhi juga.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian dokter obgyn. Semoga artikel pengertian obgyn bisa bermanfaat. Baca juga pengertian human dignity 🙂