PENGERTIAN DOKTRIN DAN CONTOHNYA


  • Pengertian doktrin dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan doktrin ?
  • Apa itu doktrin ? Apa arti doktrin ?

Pengertian Doktrin dan Contohnya


Pengertian Doktrin Menurut Para Ahli :

Pengertian doktrin adalah sebuah ajaran dalam ilmu / bidang tertentu yang diterapkan sedemikian rupa oleh seseorang atau sekelompok orang kepada orang lain dengan sebuah tujuan tertentu yang sangat spesifik.

Pengertian doktrin hukum adalah ajaran para kaum sarjana hukum yang dibuat dan dipertahankan oleh sistem peradilan yang merupakan kebalikan dari yurisprudensi. (Andi Hamzah:1986)

Definisi doktrin hukum adalah pemikiran sarjana hukum yang berkaitan dengan hukum itu sendiri yang dapat dituangkan di dalam forum penelitian, buku, seminar dsb. (Chainur Arrasjid:2001)

Pengertian doktrin dalam agama kristen adalah beberapa ajaran dan kebiasaan yang berlaku secara normal dalam kehidupan agama Kristen.  Doktrin sifatnya tidak mengikat terhadap individu, bisa dianut ataupun diabaikan.

Pengertian doktrin internasional adalah pernyataan kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan hubungan internasional antar suatu negara. Contoh : doktrin Truman dan doktrin Monroe.
Pada umumnya doktrin identik dengan sebuah asas yang berlandaskan agama, politik ataupun ilmu kenegaraan yang tidak disebarluaskan secara umum di dalam masyarakat. Dengan kata lain dapat disimpulkan bahwa doktrin biasanya akan digunakan sebagai sebuah ilmu / ajaran tertentu yang disampaikan dengan teknik pengajaran dengan pendekatan khusus terhadap orang-orang khusus (tertentu) saja. Dalam hal ini bisa dikatakan bahwa doktrin bukanlah sebuah ajaran yang harus diketahui oleh semua orang / khalayak umum secara terang-terangan.

Doktrin digunakan sebagai sebuah alat atau ilmu tertentu yang penyampaiannya pada dasarnya dimaksudkan untuk tujuan tertentu. Dalam beberapa kasus, ada beberapa doktrin yang dianggap sebagai sebuah hal yang menyalahi aturan, tidak sesuai dengan ketentuan yang seharusnya atau bahkan dilarang untuk disebarluaskan. Hal ini biasanya menyangkut ajaran-ajaran yang berbau agama dan aliran tertentu yang bisa saja menyesatkan umat dan tidak sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku, di mana pemerintah sebagai lembaga penyelenggara negara akan segera bertindak tegas dan mengambil langkah-langkah hukum yang dibutuhkan untuk menangani masalah penyebaran doktrin yang menyesatkan.

Di dalam ilmu / bidang tertentu, ada doktrin yang digunakan sebagai asas dasar dalam mengambil berbagai macam keputusan, di mana doktrin yang digunakan telah terlebih dahulu melalui serangkaian penelitian oleh para ahli di bidang tersebut.

Beberapa contoh doktrin bisa dilihat di bawah ini:

  • Doktrin mengenai ajaran agama tertentu, yang mana pada beberapa kasus hal seperti ini justru mengarah kepada sebuah ajaran yang radikal dan tidak sesuai dengan perundang-undangan. Contoh : doktrin Islam liberal
  • Doktrin yang digunakan oleh orang-orang tertentu yang berprofesi di sebuah bidang yang jarang digeluti oleh orang awam, biasanya mereka yang berkarir dan tergabung di dalam sebuah organisasi tertentu tentu saja membuat mereka terlibat dengan profesi yang tidak lazim, seperti mata-mata di sebuah negara. Contoh : doktrin TNI

Itulah beberapa contoh definisi doktrin menurut para ahli. Semoga teman-teman bisa memahami pengertian doktrin dan contohnya secara umum ya ! Baca juga pengertian yurisprudensi tetap dan tidak tetap 🙂