PENGERTIAN DRAMATIS


  • Pengertian dramatis itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan dramatis ?
  • Apa arti kata dramatis / definisi dramatis ?
  • Apa itu over dramatis ?
  • Apa pengertian dramatisasi puisi dan dramatisasi cerpen ?

Pengertian Dramatis


Pengertian Dramatis Menurut Para Ahli :

Pengertian dramatis adalah sebuah situasi / kondisi tertentu yang dilebih-lebihkan dan seringkali tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya (bersifat drama). Sedangkan pengertian over dramatis adalah terlalu melebihkan sesuatu hal yang sebenarnya sangat sepele sekali.

Istilah dramatis telah banyak digunakan di dalam kehidupan kita sehari-hari, di mana kata ini akan dipakai untuk menggambarkan sebuah kejadian yang terlalu berlebihan dan tidak wajar dari biasanya, baik itu yang bersifat positif maupun yang bersifat negatif. Seperti kata yang terkandung di dalamnya, yakni drama, kata dramatis juga sering dipakai untuk menggambarkan sesuatu yang tidak sebenarnya dan memiliki arti yang bias dari arti yang sesungguhnya.

Arti kata dramatisir berarti membuat sesuatu menjadi dramatis, tujuannya adalah untuk membuat efek sensasional. Pada dunia seni, pengertian dramatis puisi berarti membuat puisi menjadi sebuah drama pertunjukan, bukan hanya sekedar membaca teks biasa. Dalam dramatisasi puisi dan dramatisasi cerpen dibutuhkan gerak, mimik / ekspresi wajah serta intonasi layaknya akting di panggung sandiwara.

Pada dasarnya makna kata dramatis akan selalu identik dengan sebuah tindakan / perbuatan yang dilakukan oleh seseorang, di mana perbuatan tersebut kemudian menjadi perhatian khusus bagi beberapa orang yang menyaksikan, mendengarkan atau bahkan turut serta merasakannya. Seperti saat seseorang menonton sebuah adegan seru di dalam sebuah film atau saat melihat sebuah kejadian yang jarang / belum pernah dilihat sebelumnya, maka orang tersebut biasanya cenderung akan menggunakan kata dramatis untuk menggambarkan apa yang sedang dilihatnya.

Beberapa kalimat di bawah ini adalah penggunaan kata dramatis yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari:

  • Tindakan evakuasi yang dilakukan oleh para kru kapal pesiar tersebut berlangsung sangat dramatis, terlihat bagaimana mereka sangat terlatih di dalam melakukan tindakan penyelamatan kepada para penumpang.
  • Jangan bersikap terlalu dramatis dalam menyingkapi persoalan yang kita hadapai sekarang, bila tidak ada lagi kecocokan, maka berpisah mungkin akan jadi jalan ke luar untuk kita berdua.
  • Apa yang dilakukan laki-laki itu saat menyelamatkan anak tersebut terlihat seperti sebuah adegan dramatis di dalam sebuah film, aku sangat kagum pada semua tindakan yang dilakukannya.
  • Secara dramatis pengusaha itu mengungkapkan bagaimana sepak terjang yang dia lakukan selama ini dalam mengembangkan bisnisnya, sungguh, orang ini sangat menginspirasi bagi saya pribadi.
  • Kejadian yang dilakukannya terlalu dramatis dan tidak dalam pertimbangan yang matang, aku saja hampir tidak percaya pada hal tersebut.

Itulah penjelasan singkat mengenai contoh pengertian kata dramatis & maksud dari dramatis. Semoga teman-teman bisa memahami pengertian dramatis ya ! Baca juga pengertian bedrest 🙂