PENGERTIAN DUTA DAN KONSUL


  • Pengertian duta dan konsul itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan duta dan konsul ?
  • Apa itu duta dan konsul ? Apa artinya duta dan konsul ?
  • Apa persamaan dan perbedaan duta dan konsul ?
  • Apa tugas dan wewenang duta dan konsul ?

Pengertian Duta dan Konsul


Pengertian Duta dan Konsul Menurut Para Ahli :

Pengertian duta adalah seorang pejabat diplomatik yang ditugaskan secara khusus oleh pemerintah sebuah negara ke sebuah negara lain atau sebuah organisasi internasional sebagai seorang pejabat pemerintahan yang mewakili negara asalnya.

Di dalam melaksanakan tugas-tugasnya, seorang duta akan ditempatkan di sebuah kantor yang biasanya sekaligus satu lokasi dengan tempat tinggalnya, di mana tempat ini akan disebut sebagai kedutaan yang pada umumnya akan diberikan sebagai sebuah fasilitas oleh negara tujuan tugas duta tersebut. Sebuah kedutaan juga akan dilengkapi dengan jajaran staf yang akan membantu seorang duta di dalam melaksanakan tugas-tugasnya.

Melihat fungsi dan tugas yang diembannya di dalam pemerintahan, maka jabatan seorang duta bisa disamakan dengan setingkat menteri yang membawahi sebuah departemen tertentu di dalam negeri. Sebagai wakil dari sebuah negara, seorang duta akan melakukan berbagai macam kegiatan yang berhubungan dengan kerjasama dengan negara tujuan tugasnya. Sebuah kedutaan juga biasanya akan turut serta di dalam berbagai macam perayaan yang bersifat mewakili sebuah negara, misalnya perayaan hari kemerdekaan dan yang lainnya. Sebuah kedutaan akan terletak di wilayah ibukota dari sebuah negara.

Sedangkan pengertian duta besar (ambassador) secara umum adalah duta yang bekerja untuk  mewakili sesuatu, mempromosikan pemahaman, konsultasi, tempat diskusi dan bertanya untuk menyelesaikan perbedaan atau kesalahpahaman. Contohnya seperti penyanyi pop yang merupakan “brand ambassador” untuk sebuah perusahaan kosmetik, duta kampus, duta wisata dsb.

Pengertian duta kampus adalah mahasiswa atau mahasiswi yang menjadi duta atau icon suatu Universitas atau Perguruan Tinggi.

Pengertian duta wisata adalah figur pariwisata yang merupakan perpanjangan tangan pemerintah yang tugasnya memperkenalkan dan mempromosikan potensi budaya dan pariwisata wilayah tertentu. Tujuannya adalah untuk menjaring lebih banyak para wisatawan lokal maupun asing untuk datang ke suatu wilayah tertentu.

Pengertian konsul adalah seorang pejabat diplomatik yang ditempatkan di sebuah negara dalam rangka menjalankan berbagai macam tugas yang terkait dengan berbaagai macam hal antara dua negara yang tidak memiliki sebuah hubungan diplomatik.

Di dalam menjalankan tugas-tugasnya, seorang konsul akan menempati dan sekaligus memimpin sebuah konsulat yang menjadi kantor perwakilan resmi bagi sebuah negara. Di dalam sebuah konsulat akan dilakukan segala bentuk aktifitas yang berhubungan dengan kepentingan hubungan persahabatan dan perdagangan di antara kedua negara tersebut.

Pada umumnya sebuah konsulat akan dilengkapi dengan jajaran staf yang akan membantu seorang konsul melakukan berbagai macam tugas-tugasnya yang terkait dengan kepentingan seluruh warga negara asal konsul tersebut yang tinggal dan bekerja di negara penempatan tugasnya. Sebuah konsulat biasanya akan berada di luar wilayah ibu kota sebuah negara dan seorang konsul akan menjadi perwakilan resemi dari negara asalnya.

Dapat disimpulkan bahwa duta dan konsul sama-sama bertugas untuk menjalin dan mempererat hubungan satu negara dengan negara lainnya. Sedangkan perbedaan duta dan konsul secara jelas terlihat dari letak kantornya, dimana kantor duta besar terletak di luar negerti sedangkan konsul kantornya di dalam negeri.


Itulah penjelasan singkat mengenai perbedaan duta dan konsul dalam tugasnya. Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian duta dan konsul ya ! Baca juga pengertian daur ulang dan contohnya 🙂