PENGERTIAN EKSOTIS


  • Pengertian eksotis itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan eksotis ?
  • Apa itu eksotis ? Apa arti kata eksotis ?
  • Apa pengertian kulit eksotis ?
  • Apa pengertian wajah eksotis ?

Pengertian Eksotis


Pengertian Eksotis Menurut Para Ahli :

Saya termasuk salah seorang yang sempat salah kapral mengenai pengertian tentang istilah eksotis. Selama ini yang ada dalam pikiran saya jika mendengar kata eksotis adalah sesuatu yang cantik, indah, kecantikan yang khas atau unik. Atau malah lebih sempit lagi kata eksotis selalu dikaitkan dengan kecantikan wanita yang berkulit gelap tapi sangat menarik, contohnya aktris-aktris Indonesia seperti Farah Quinn, Tara Basro, dan Julia Perez.

Mereka rata-rata berkulit gelap akan tetapi sangat menarik, hal ini ditunjang oleh pembawaan diri yang baik, make up yang pas, kemampuan memadupadankan busana, dan lain-lain. Kata eksotis juga sering dikaitkan dengan tempat wisata dengan pemandangan yang sangat unik dan menarik seperti pantai, gunung, dan ngarai.

Apakah benar pengertian eksotis yang kita pahami selama ini ? Menurut kamus besar bahasa Indonesia pengertian eksotis adalah sesuatu yang mempunyai daya tarik yang khas karena belum banyak dikenal atau diketahui secara umum. Sesuatu yang menarik karena keunikannya serta jarang dimiliki oleh yang lain dapat kita sebut eksotis. Contohnya orang di luar negeri sering menyebut aktris Indonesia berwajah eksotis karena bagi mereka yang berkulit putih, warna kulit gelap itu terlihat khas dan jarang mereka temui di negaranya. Ditambah lagi wajah orang Indonesia bagi mereka terlihat unik karena tentu saja berbeda dengan kebanyakan orang di negaranya.

Masih menurut kamus besar bahasa Indonesia, definisi eksotis juga berarti gagasan, mode, atau hal lainnya yang dimasukkan atau diperkenalkan dari luar negeri. Arti eksotis juga dapat bermakna bergaya asing, istimewa, luar biasa, aneh, ganjil. Jika merujuk pada pengertian ini, eksotis artinya segala sesuatu yang berasal dari luar negeri dan terlihat aneh atau berbeda dari yang biasa kita lihat tetapi memiliki daya tarik.

Begitupun bagi orang di luar negeri, segala hal yang berasal dari luar negara mereka dan terlihat aneh dan tidak biasa tetapi sangat menarik dapat juga disebut eksotis. Contohnya bagi orang asing pertunjukkan wayang kulit merupakan sesuatu yang eksotis karena di luar kebiasaan mereka dan terlihat aneh tetapi sangat menarik.

Pemahaman kita yang agak keliru mengenai istilah eksotis bisa jadi karena pengaruh tulisan atau berita yang sering kita baca yang kebanyakan menggunakan istilah ini untuk menyebutkan kecantikan sesorang atau keindahan pemandangan suatu tempat. Hal ini tidak seratus persen salah hanya saja kurang tepat jika merujuk pada pengertian eksotis sesuai dengan kamus besar bahasa Indonesia.

Jadi dapat kita simpulkan bahwa :

Pengertian kulit eksotis adalah kulit yang berwarna gelap (tan) tetapi bukan negro yang jarang terlihat orang barat berkulit putih (Amerika, Eropa dkk) pada umumnya.

Pengertian wajah eksotis adalah wajah yang tidak umum terlihat oleh orang barat. Contoh wajah eksotis adalah wajah orang Asia Tenggara & India.

Pengertian pemandangan eksotis adalah pemandangan yang khas yang jarang di dapatkan orang di dalam kehidupannya sehari-hari & biasanya pemandangan eksotis didapatkan melalui suatu destinasi wisata ke daerah tertentu. Contoh : Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat.

Pengertian hewan eksotik adalah hewan liar yang dijadikan sebagai hewan peliharaan. Hewan eksotik adalah hewan yang cukup jinak namun hewan tersebut sama sekali tidak kehilangan insting / naluri liarnya. (Slamet : 2011)


Nah itulah penjelasan singkat mengenai pengertian kata eksotik. Semoga teman-teman bisa memahami pengertian eksotis secara umum ya ! Baca juga pengertian domestik 🙂