PENGERTIAN EKSPLOITASI ANAK MENURUT PARA AHLI


  •  Apa yang dimaksud dengan eksploitasi anak ?
  • Apa pengertian eksploitasi anak dibawah umur secara ekonomi ?
  • Apa arti eksploitasi anak ?
  • Apa contoh eksploitasi anak dibawah umur ?

Pengertian Eksploitasi Anak


Pengertian Eksploitasi Anak Menurut Para Ahli :


Definisi eksploitasi anak adalah tindakan sewenang-wenang dan perlakukan yang bersifat diskriminatif terhadap anak yang dilakukan oleh masyarakat ataupun keluarga dengan tujuan memaksa anak tersebut untuk melakukan sesuatu tanpa memperhatikan hak anak seperti perkembangan fisik dan mentalnya. Eksploitasi anak dibawah umur berarti mengeksploitasi anak untuk melakukan tindakan yang menguntungkan pada segi ekonomi, sosial ataupun politik tanpa memandang umum anak yang statusnya masih hidup di masa kanak-kanaknya (kurang dari 17 tahun). (Suharto : 2005).

Arti eksploitasi anak secara ekonomi adalah pemanfaatan anak-anak secara tidak etis demi mendapatkan keuntungan secara ekonomi baik berupa uang ataupun yang setara dengan uang (Martaja : 2005).

Pendek kata, pengertian eksploitasi anak adalah segala bentuk upaya / kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang terhadap anak (setiap orang baik itu laki-laki atau perempuan dengan usia masih di dalam kandungan dan setiap yang masih berumur di bawah 18 tahun) dengan tujuan pemanfaatan fisik maupun psikis yang menguntungkan bagi orang / kelompok tersebut dan menimbulkan kerugian bagi si anak.

Di Indonesia banyak sekali terjadi eksploitasi terhadap anak, bahkan sering kali dilakukan oleh orang-orang terdekat si anak yang tak lain adalah keluarga atau orangtua anak itu sendiri. Pemerintah telah melakukan banyak upaya untuk meminimalisir terjadinya eksploitasi terhadap anak, di antaranya dengan melakukan berbagai kampanye dan pengawasan dengan menggalakkan kinerja dari Komisi Perlindungan Anak.

Eksploitasi terhadap anak mungkin saja terjadi tanpa disadari oleh anak tersebut, hal ini karena kurangnya pengetahuan anak dan tidak pekanya orangtua dan lingkungan terhadap permasalahan ini. Beberapa poin dibawah ini adalah contoh dari eksploitasi anak yang sering ditemui :

  1. Menjadikan / mendukung anak-anak untuk bekerja di jalanan, baik itu sebagai pengamen, pengemis, bahkan sebagai penjaja makanan dan koran, serta pekerjaan lainnya yang dilakukan di jalanan.
  2. Mempekerjaakan anak dan membiarkan mereka menjadi tulang punggung keluarga.
  3. Menjadikan anak sebagai pekerja seks komersial.
  4. Menjadikan anak sebagai seorang pemulung.

Anak adalah bagian dari masa depan keluarga dan bangsa ini, jadi sudah sepatutnya kita melindungi dan memberikan mereka kehidupan masa kanak-kanak yang normal dan menyenangkan, karena itu peka dan tanggaplah terhadap eksploitasi anak yang terjadi di sekitar kita.


Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian eksploitasi anak secara umum ya ! Baca juga pengertian eksploitasi dan eksplorasi 🙂