PENGERTIAN EKSPLOITASI DAN EKSPLORASI


  •  Apa yang dimaksud dengan eksploitasi dan eksplorasi ?
  • Apa arti kata eksploitasi dan eksplorasi ?
  • Apa contoh eksploitasi dan eksplorasi ?

Pengertian Eksploitasi dan Eksplorasi


Definisi Eksploitasi dan Eksplorasi Menurut Para Ahli :

Pengertian eksploitasi adalah segala bentuk upaya atau kegiatan yang dilakukan untuk melakukan penggalian-penggalian potensi yang terdapat pada suatu objek, baik itu berupa sumber daya alam maupun yang lainnya demi kepentingan (pemenuhan kebutuhan) sekelompok / banyak orang. Contoh : eksploitasi hutan, eksploitasi anak, ekploitasi hewan dsb.

Bila merujuk pada pengertian di atas, maka pengertian dari eksploitasi tersebut cenderung bersifat negatif, karena itu dalam setiap pengelolaan sumber daya alam di Indonesia pemerintah dengan tegas memberlakukan undang-undang yang ketat seperti tertuang dalam: pasal 33 ayat (3) Undang – undang Dasar 1945 menggariskan bahwa :

“Bumi dan air dan kekayaan yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat”

Pengertian eksplorasi adalah proses kegiatan penyelidikan lapangan untuk penggalian informasi dan pengumpulan data-data yang dilakukan dengan tujuan kepentingan penelitian dan penyediaan informasi bagi pihak-pihak yang berkepentingan. Contoh : eksplorasi tambang, eksplorasi gerak tari, eksplorasi ruang angkasa dsb.

Kegiatan eksplorasi biasanya banyak dilakukan oleh perusahaan-perusahaan atau instansi milik pemerintah yang bergerak di dalam bidang pertambangan, seperti: batu bara, minyak bumi, nikel, emas dan yang lainnya.

Tujuan dilakukannya eksplorasi barang tambang adalah:

  1. Memastikan keberadaan sebaran barang tambang yang akan digali.
  2. Meminimalisir pengeluaran / kerugian yang mungkin timbul dari proses penambangan itu sendiri.
  3. Memaksimalkan perolehan hasil tambang yang didapatkan.
  4. Sebagai kajian awal terhadap efek / imbas yang akan diperoleh dari pelaksanaan penambangan.
  5. Memperkecil kerusakan lingkungan sekitar area yang akan ditambang.
  6. Menjadi acuan efisiensi waktu dan biaya yang akan dikeluarkan.

Semoga teman-teman bisa memahami pengertian eksploitasi dan eksplorasi barang tambang ya ! Baca juga pengertian aleuron 🙂