PENGERTIAN EKSPORTIR DAN CONTOHNYA


  • Pengertian eksportir dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan eksportir ?
  • Apa itu eksportir ? Apa arti kata eksportir ?
  • Apa saja contoh macam-macam eksportir ?

Pengertian Eksportir dan Contohnya


Pengertian Eksportir Menurut Para Ahli :

Eksportir berasal dari kata ekspor, diadaptasi dari bahasa Inggris ( export ) yang artinya pengiriman barang dagangan ke luar negeri.

Pengertian eksportir adalah para pengirim barang ke luar negeri, dalam hal ini orang atau perusahaan maupun instansi tertentu. Eksportir melakukan pengiriman barang ke negara lain yang membutuhkan dengan tujuan mendapatkan keuntungan bisnis.

Siapa sajakah yang termasuk dalam kelompok eksportir ? Berikut penjelasannya.

1. Wisma Dagang ( Trading House )

Bila suatu perusahaan dapat mengembangkan ekspornya dengan beraneka macam komoditi, tidak lagi terbatas pada satu atau dua komoditi saja, maka eksportir demikian mendapat status  General Exporters. Perusahaan yang memiliki status seperti ini disebut Wisma Dagang (Trading House) dan dapat mengekspor aneka komoditi serta mempunyai jaringan pemasaran yang cukup luas serta mempunyai kantor perwakilan di pusat-pusat dagang dunia. Wisma Dagang juga mendapat fasilitas dan sarana prasarana tertentu dari pemerintah baik dalam bentuk perbankan maupun perpajakan.

2. Produsen-Eksportir

Yaitu perusahaan yang sebagian hasil produksinya memang diperuntukkan untuk pasar luar negeri.

3. Pedagang Ekspor ( Export-Merchant)

Yaitu badan usaha yang diberi izin dan wewenang oleh pemerintah dalam bentuk SPE (Surat Pengakuan Eksportir) dan diberi kartu APE (Angka Pengenal Ekspor). Di dalam surat izin tersebut juga dicantumkan apa saja komoditi yang diizinkan dalam kegiatan ekspor. Umumnya Pedagang Ekspor lebih banyak bekerja untuk kepentingan dari produsen dalam negeri yang diwakilinya.

4. Confirming House

Ini adalah istilah untuk perusahaan lokal yang didirikan sesuai dengan hukum dan undang-undang setempat namun bekerja untuk dan atas perintah kantor pusat / kantor induk yang berada di luar negeri. Confirming House ini biasa juga disebut dengan kantor cabang. Tugasnya melakukan usaha pengumpulan, sortir, up grading ( peningkatan mutu produk ), dan pengepakan ekspor dari komoditi lokal.

5. Agen Ekspor ( Export-Agent )

Jika hubungan antara  Pedagang Ekspor dengan produsen tidak hanya sebagai rekan bisnis tapi sudah meningkat dengan suatu ikatan perjanjian keagenan, maka dalam hal ini  Pedagang Ekspor disebut juga sebagai  Agen Ekspor.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian eksportir dan contohnya. Nah semoga teman-teman bisa memahami perbedaan pengertian eksportir dan importir secara umum ya ! Baca juga pengertian down payment 🙂