PENGERTIAN EKSPRESI


  • Pengertian ekspresi dalam seni itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan ekspresi wajah ?
  • Apa itu eskpresi ? Apa arti ekspresi ?
  • Apa pengertian ekspresi dalam drama ?
  • Apa pengertian ekspresi dalam musik ?

Pengertian Ekspresi


Pengertian Ekspresi Menurut Para Ahli :

Definisi ekspresi adalah mimik muka atau kesan wajah (Drs Suharto :1996)

Pengertian ekspresi adalah pengungkapan ataupun suatu proses dalam mengutarakan maksud, perasaan, gagasan dan sebagainya. Semua pemikiran dan gagasan yang ada dalam pikiran seseorang sebaiknya diekspresikan dalam bentuk nyata sehigga bisa dirasakan manfaatnya. Pendek kata, arti ekspresi adalah hasil manifestasi dari emosi.

Kita semua pasti pernah berekspresi. Mulai dari bayi baru lahir yang bisa menangis sampai orang tua yang tertawa dengan gigi ompongnya. Mulai dari baru lahir sampai kita tua, dalam hidup kita selalu berekspresi untuk mengungkapkan apa yang dirasakan, apakah perasaan senang, sedih, kecewa, jatuh cinta, bangga, marah, dan masih banyak lagi.

Manusia perlu berekspresi dalam hidupnya untuk menumpahkan perasaannya. Selain perasaan, manusia juga dapat mengekspresikan gagasan dan pemikirannya, gagasan yang ia miliki bisa disampaikan untuk memecahkan masalah yang sedang dihadapi atau untuk memperbaiki solusi yang telah ada kemudian dilaksanakan dalam bentuk karya nyata.

Pemikiran dan gagasan yang disimpan saja tidak akan menghasilkan apa-apa. Contohnya saja pahlawan emansipasi wanita Kartini, jika ia tidak mengekspresikan pemikirannya mengenai hak-hak wanita, bisa saja saat ini kita yang perempuan tidak bisa merasakan kemudahan untuk belajar. Kita harus dipingit di rumah dan tidak berhak mengeluarkan pendapat.

Begitu juga jika seorang warga tidak mau mengekspresikan gagasannya membangun jembatan di desa yang aksesnya tertutup ketika banjir datang sehingga akses dan transportasi desanya akan sulit. Warga desa kesulitan mendapatkan barang dan hasil panenpun sulit dijual ke luar desa sehingga kesejahteraan desa terhambat. Lain halnya jika ia mengekspresikan gagasannya untuk membangun jembatan penghubung desa, akses dan transportasi menjadi mudah sehingga kegiatan perekonomian warga menjadi lancar.

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, kata ekspresi juga dapat diartikan sebagai pandangan air muka yang memperlihatkan suatu perasaan seseorang. Hanya dengan melihat ekspresi di wajah sesorang atau gerak-geriknya kita dapat mengetahui apa yang sedang dirasakannya, apakah sedang bahagia atau sedih. Walaupun katanya dia baik-baik saja, ekspresinya tidak bisa berbohong. Bahkan dalam ilmu psikologi kita bisa mempelajari ekspresi dan gerak gerik seseorang apakah ia sedang gelisah, berbohong, dan sebagainya.

Mengekspresikan perasaan juga dapat menghasilkan karya seni luar biasa. Contohnya lagu-lagu karya musisi yang sangat digemari pendengarnya. Lagunya sangat enak didengar dan mudah masuk ke perasaan karena liriknya sebagian besar merupakan ekspresi perasaan si pencipta lagu. Jika si pencipta lagu sedang patah hati maka lagu yang tercipta akan terasa sedih dan menyayat hati. Sebaliknya saat si pencipta lagu sedang bahagia akan tercipta lagu-lagu ceria dan penuh cinta.

Adapun definisi yang berkaitan dengan kata ekspresi lainnya antara lain :

Pengertian ekspresi wajah adalah suatu perilaku individu yang menggambarkan suatu emosi yang sedang ia rasakan. (Carlson : 2004)  

Definisi ekspresi wajah adalah gerakan wajah / mimik muka yang mengindikasikan emosi yang dialami seseorang dengan jelas. (Penrod : 1983) 

Pengertian ekspresi dalam seni adalah ungkapan perasaan para pelaku seni yang merupakan perasaan khusus yang bisa membagun nilai dan sikap. Munculnya perasaan ini pada umumnya dipicu oleh interaksi para pelaku seni dengan lingkungannya. (Soehardjo : 2005)

Pengertian ekspresi dalam puisi adalah menggali dan menggauli puisi dalam hal tinggi rendah suara saat membaca puisi serta raut wajah yang memperlihatkan suatu perasaan tertentu. Jika puisi bertemakan kesedihan maka ekspresi pembaca puisi haruslah memperlihatkan kesedihan pula. bukan sebaliknya.

Pengertian ekspresi dalam drama adalah mimik wajah, ucapan, vocal, penjiwaan, gerak, akting, bloking dsb yang memberikan pesan bahwa drama tak hanya sekedar cerita biasa (monolog).

Pengertian ekspresi dalam musik adalah proses pengungkapan perasaan atau emosi di dalam proses penciptaan karya seni musik. (Bimo : 2011)

Pengertian ekspresi gen adalah proses perubahan kode informasi yang ada pada gen menjadi berbagai protein yang kemudian beroperasi di dalam sel.


Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian ekspresi secara umum. Semoga artikel pengertian ekspresi ini bisa menambah wawasan teman-teman semua. Baca juga pengertian eksotis 🙂