PENGERTIAN ENDORSEMENT


  • Pengertian endorsement itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan endorsement ?
  • Apa itu endorsement ? Apa arti kata endorsement ?
  • Apa definisi endorsement dan contohnya ?
  • Apa pengertian endorsement dalam asuransi ?

Pengertian Endorsement


Pengertian Endorsement  Menurut Para Ahli :

Endorsement berasal dari kata endorse. Jika diterjemahkan secara sempit pengertian endorsement adalah mendukung atau memberi saran.

Pengertian endorsement dalam bank berarti memberi kuasa, dalam hal ini berupa pengalihan hak kepada orang lain atas surat berharga yang dapat dialihkan. Misalnya endorsement cek dan wesel dengan cara membubuhkan nama dan tanda tangan pengesahan di halaman belakang surat berharga tersebut.

Sementara pengertian endorsement dalam asuransi adalah lampiran perubahan-perubahan di dalam polis, yang bisa memperluas jaminan atau malah mempersempit jaminan.

Contoh endorsement yang banyak dipakai saat ini adalah celebrity endorsement. Definisi celebrity endorsement yaitu mengendorse artis untuk memakai suatu produk tertentu dan artis tersebut dibayar dan terikat kontrak untuk menjadi duta besar atas produk tersebut dan tidak boleh terlibat iklan lainnya dalam produk sejenis untuk periode waktu tertentu.

Ada pula yang disebut dengan endorsement social media. Endorsement yang sedang marak di jejaring sosial saat ini sangat jauh berbeda dengan arti di atas. Endorsement dewasa ini menjadi semacam bentuk kerja sama antar kedua pihak yang saling menguntungkan. Dalam hal ini antara online shop dan artis. Kenapa harus artis? Karena artis punya banyak penggemar!

Umumnya, endorse itu cara promosi di akun twitter ataupun instagram dengan cara memberi gratis barang jualan ke artis untuk dipromosikan di akun twitter atau instagramnya. Produk gratis yang diberikan tadi akan dipakai oleh si artis, difoto lalu diposting di akun twitter atau instagramnya. Tak lupa pula dengan menyebutkan nama online shop yang diendorse tersebut.

Lalu apa manfaat endorsement ini bagi kedua belah pihak ?

Bagi si online shop ataupun produsen produk tertentu, tentu saja bisa meningkatkan penjualan, karena produknya sudah diposting dengan kalimat – kalimat dukungan oleh si artis. Sudah bukan rahasia lagi bahwa apa yang dipakai oleh artis, maka para penggemar akan berbondong-bondong mengikutinya. Dengan demikian, hal ini sangat membantu online shop untuk meningkatkan penjualannya.

Bagi si artis, mendapatkan produk gratisan sudah tentu menjadi keuntungan tersendiri. Apalagi jika produk tersebut adalah produk-produk brand. Besar kemungkinan produk tersebut akan tetap diendorse untuk kedepannya.

Keuntungan lain endorsement adalah dari sisi biaya promosi yang harus dikeluarkan oleh pemilik online shop. Endorsement tentu jauh lebih murah ketimbang harus membayar artis untuk mempromosikan produknya, seperti yang dilakukan oleh brand Nike kepada Michael Jordan, misalnya.

Yang menarik adalah bahwa endorsement ini tidak melibatkan pihak ke-tiga, hanya di antara online shop dan artis tersebut. Jadi disetujui atau tidaknya endorsement itu tergantung pada si artis. Sehingga, menjadi tantangan tersendiri bagi para pemilik online shop agar proposal endorsementnya diterima oleh si artis.


Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian endorsement secara umum ya ! Baca juga pengertian importir dan contohnya 🙂