PENGERTIAN ENTALPI DAN ENTROPI


  •  Apa yang dimaksud dengan entalpi ?
  • Apa pengertian entalpi dan contohnya ?
  • Apa itu entalpi dan entropi ?
  • Apa perbedaan entalpi dan entropi ?

Pengertian Entalpi dan Entropi


Pengertian Entalpi dan Entropi Menurut Para Ahli :

Pengertian entalpi adalah istilah yang ditemukan di dalam termodinamika yang menyatakan jumlah energi internal yang terdapat di dalam sebuah sistem termodinamika ditambah dengan jumlah energi yang digunakan untuk melakukan aktifitas pada suatu materi. Total entalpi (H) tidak dapat diukur secara langsung melainkan hanya dapat dinilai perubahannya saja seperti yeng terjadi pada sistem mekanika klasik.

Pengertian entropi adalah sebuah besaran termodinamika yang berfungsi untuk mengukur energi dalam satuan temperatur yang tidak dapat digunakan untuk melakukan usaha. Entropi dari sebuah sistem tertutup akan selalu naik dan pada kondisi transfer kalor maka energi kalor akan berpindah dari komponen yang bersuhu tinggi ke komponen bersuhu rendah.

Ada beberapa perbedaan di antara entalpi dan entropi, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Entalpi merupakan proses perpindahan kalor yang terjadi secara konstan, sedangkan di dalam entropi proses tersebut terjadi dalam keacakan (dari komponen yang bersuhu tinggi ke komponen yang bersuhu rendah).
  2. Di dalam sebuah reaksi yang terjadi, perubahan entalpi bisa berbentuk positif atau negatif, sedangkan reaksi spontan yang terjadi akan meningkatkan entropi universal.
  3. Entalpi adalah energi yang dilepaskan atau diserap selama berlangsungnya proses reaksi.
  4. Entalpi berkaitan dengan hukum pertama termodinamika yang berbunyi, ”energi tidak dapaat diciptakan ataupun dihancurkan”, sedangkan entropi berkaitan langsung dengan hukum kedua termodinamika tersebut.

Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian entalpi dan entropi secara umum serta bisa menjelaskan perbedaan entalpi dan entropi  ya ! Baca juga pengertian candid photography 🙂