PENGERTIAN ESTIMASI


  • Pengertian estimasi dalam statistik itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan estimasi penjualan ?
  • Apa itu estimasi ? Apa arti estimasi ?
  • Apa pengertian estimasi penjualan ?
  • Apa pengertian estimasi pangsa pasar ?

Pengertian Estimasi


Pengertian Estimasi Menurut Para Ahli :

Pengertian estimasi adalah keseluruhan proses yang memerlukan serta menggunakan estimator untuk menghasilkan sebuah estimate dari suatu parameter. (Harinaldi : 2005)

Arti estimasi adalah suatu pengukuran yang didasarkan pada hasil kuantitatif atau dengan kata lain, tingkat akurasinya bisa diukur dengan angka (Tockey : 2004)

Pengertian estimasi menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah perkiraan, penilaian, atau pendapat. Ini menunjukkan bahwa istilah estimasi dapat kita gunakan secara umum untuk menyatakan perkiraan, penilaian, atau pendapat kita mengenai sesuatu. Misalnya ketika kita melihat seorang anak bertubuh gemuk akan ikut serta lomba lari. Walaupun tubuhnya gemuk akan tetapi kakinya terlihat kokoh dan kuat sehingga kita mengestimasi bahwa ia akan dapat bersaing dalam lomba lari tersebut.

Istilah estimasi bagi sebagian orang terdengar cukup “serius” padahal secara umum kita selalu membuat estimasi dalam kehidupan sehari-hari. Istilah estimasi sering kita dengar ketika orang membicarakan proyek atau menghitung nilai statistik pada sensus penduduk. Misalnya estimasi waktu dan biaya dalam menyelesaikan sebuah proyek pembuatan jembatan. Atau estimasi jumlah populasi penduduk suatu wilayah dengan menggunakan sampel.

Sebenarnya membuat estimasi atau perkiraan sering kita lakukan dalam keseharian seperti ketika langit terlihat mendung kita langsung memperkirakan bahwa hujan akan turun dan kita segera mengangkat kain jemuran. Atau ketika mendekati bulan Ramadhan kita selalu memperkirakan bahwa harga bahan-bahan makanan akan naik sehingga sebelum bulan Ramadhan kita sudah memborong barang-barang yang tahan lama.

Dalam bidang-bidang yang membutuhkan ketelitian, estimasi yang baik sangat diperlukan. Contohnya dalam sebuah proyek konstruksi bangunan. Pada proyek ini harus dibuat estimasi yang baik mengenai besarnya dana yang diperlukan dan lamanya waktu pengerjaan proyek. Proyek konstruksi bangunan memerlukan biaya yang sangat besar sehingga tanpa estimasi biaya dan waktu yang baik akan menghambat jalannya proyek.

Jika estimasi biaya jauh lebih kecil daripada biaya yang sebenarnya tentu akan merugikan pihak-pihak yang terlibat di dalamnya. Pemilik proyek tidak siap dengan kekurangan dana yang cukup besar dan pengerjaan proyek terhambat karena kurangnya dana. Begitupun jika estimasi waktu pengerjaan proyek menyimpang jauh dari kenyataannya sehingga pemilik proyek kecewa karena proyek belum selesai sesuai dengan estimasi yang telah diberikan. Padahal bisa jadi pemilik proyek sudah memiliki rencana sendiri sesuai dengan waktu perkiraan selesainya proyek tersebut.

Adapun pengertian lainnya yang berkaitan mengenai kata estimasi antara lain :

Pengertian estimasi dalam statistik adalah suatu metode untuk memperkirakan nilai populasi dengan memakai nilai sampel tertentu. Definisi estimasi statistik juga berarti kegiatan penarikan suatu kesimpulan statistik yang berawal dari hal-hal yang bersifat umum kepada hal-hal yang bersifat khusus.

Pengertian estimasi penjualan adalah ramalan / estimasi mengenai seberapa banyak unit dan nilai uang yang berasal dari kegiatan penjualan pada suatu perusahaan di masa yang akan datang.

Pengertian estimasi pangsa pasar adalah perkiraan seberapa besar bagian pasar yang akan dikuasai oleh suatu perusahaan di masa depan, atau perkiraan persentase nilai penjualan suatu perusahaan jika dibandingkan dengan total penjualan para pesaing-pesaingnya pada kurun waktu tertentu (William J.S : 1984)

Pengertian estimasi biaya adalah perkiraan tentang seberapa besar kebutuhan biaya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan / kegiatan tertentu. Defini estimasi biaya dapat pula diartikan sebagai seni dalam memperkirakan jumlah biaya yang diperlukan untuk suatu aktivitas yang bersandar pada berbagai informasi-informasi revelan yang tersedia pada waktu itu. (National Estimating Society USA)

Pengertian estimasi produksi adalah aanggaran penjualan yang telah disesuaikan dengan perubahan persediaan barang.

Pengertian estimasi akuntansi adalah perkiraan mengenai satu atau beberapa elemen pos, laporan keuangan, ataupun rekening yang terjadi bila tidak bisa diukur secara pasti. Estimasi akuntansi ini pada dasarnya mempunyai pengaruh yang cukup signifikan terhadap laporan keuangan perusahaan. Contoh estimasi akuntansi adalah penyisihan piutang tak tertagih, penyusutan periodik dsb.

Pengertian estimasi dalam data mining adalah proses menerka nilai yang belum diketahui secara pasti. Metode yang digunakan bisa berupa Multiple Regression, Simple Linear Regression dan Correlation serta Point Estimation dan Confidence Interval Estimations.


Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian estimasi dan contohnya ya ! Baca juga pengertian ekspresi 🙂