PENGERTIAN FENOMENA


  • Pengertian fenomena sosial dalam masyarakat itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan fenomena alam ?
  • Apa itu fenomena ? Apa arti fenomena ?
  • Apa pengertian fenomena dalam penelitian ?
  • Apa pengertian fenomena sosiokultural ?

Pengertian Fenomena


Pengertian Fenomena Menurut Para Ahli :

Belum lama ini sebagian rakyat Indonesia telah menyaksikan fenomena alam luar biasa yaitu gerhana matahari total. Masyarakat sangat antusias menyaksikan fenomena alam ini karena sangat indah dan jarang terjadi. Menurut perhitungan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), rakyat Indonesia baru akan menyaksikan gerhana matahari total lagi pada tahun 2023.

Selain gerhana matahari, masih banyak lagi contoh fenomena alam yang terjadi salah satunya hujan es yang pernah terjadi di Bandung, Banjarnegara, Medan, Madiun, Sumatera Barat, dan daerah-daerah lainnya. Hujan es atau hail ini sama seperti hujan air pada umumnya akan tetapi berbentuk bongkahan es padat sehingga kita harus cukup berhati-hati, apalagi jika ukuran esnya cukup besar. Bahkan seperti kasus hujan es yang terjadi di Sumatera Barat pada Mei 2014 yang mengakibatkan puluhan rumah mengalami kerusakan.

Melihat dari contoh di atas apa sih sebenarnya fenomena itu ? Jika merujuk pada kamus besar bahasa Indonesia pengertian fenomena adalah berbagai hal yang dapat disaksikan dengan panca indera serta dapat diterangkan dan dinilai secara ilmiah, dapat juga disebut dengan gejala. Fenomena alam seperti gerhana matahari dan hujan es dapat kita saksikan dan dapat diterangkan penyebab dan proses terjadinya secara ilmiah.

Definisi fenomena lainnya adalah sesuatu keajaiban atau yang luar biasa. Gerhana matahari dan hujan es merupakan fenomena yang jarang dan tidak biasa terjadi. Tertutupnya matahari pada siang hari dan turunnya hujan berupa bongkahan es seperti sebuah keajaiban.

Masih menurut kamus besar bahasa Indonesia arti kata fenomena juga dapat bermakna fakta atau kenyataan. Fenomena-fenomena alam seperti gerhana matahari dan gempa yang selama ini kita saksikan merupakan fakta dan kenyataan dari kejadian yang terjadi di alam yang dapat diteliti dan dipelajari secara ilmiah. Berdasarkan fakta-fakta dari kejadian alam ini para ilmuan dapat mempelajari fenomena alam tersebut sehingga ilmu pengetahuan semakin berkembang.

Apa perbedaan fenomena dan fenomenal ?

Pengertian fenomena penelitian adalah gejala atau suatu hal yang timbul yang bisa menjadi daya magnet (ketertarikan) untuk di teliti. Pendek kata, definisi fenomena penelitian adalah segala sesuatu yang sudah diberikan di alam raya yang harus dikaji dan ditemukan lewat metode ilmiah. (Brown :1994)

Pengertian fenomena seni rupa adalah berbagai macam gejala dan kejadian yang terjadi yang sifatnya nyata di dalam perkembangan dunia seni rupa. Contohnya : fotografi digital, pameran,
kaligrafi dsb.

Pengertian fenomena sosiokultural adalah beragam kejadian yang muncul dan berkembang di masyarakat yang terkait dalam bidang sosial dan budaya. Contoh fenomena sosiokultural : Agama muncul di KTP orang Indonesia sedangkan pada ID (KTP) orang Amerika tidak ada kategori agamanya.

Pengertian fenomenal adalah kata sifat yang merupakan turunan dari kata fenomena yang berarti sesuatu yang luar biasa. Istilah fenomenal sering disematkan untuk sesuatu yang luar biasa, contohnya band Sheila On 7 yang sempat mendapat julukan band fenomenal di Indonesia karena prestasinya yang luar biasa.

Adapun pengertian lainnya yang menyangkut kata fenomena antara lain :

Pengertian fenomena sosial adalah masalah sosial yang berupa ketidaksesuaian antara masyarakat atau unsur-unsur kebudayaan yang membahayakan suatu kehidupan kelompok sosial. (pengertian fenomena sosial dalam sosiologi menurut Soerjono Soekanto : 1998)

Pengertian fenomena alam adalah berbagai peristiwa atau kejadian alam yang sifatnya tidak dapat dibuat-buat ataupun diciptakan manusia yang menjadi salah satu cara Tuhan sang pencipta dalam menunjukkan kekuasaanya.


Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian fenomena secara umum. Semoga artikel pengertian fenomena ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua ya. Baca juga pengertian fasilitas 🙂